PENGARUH MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECK (MMP) DIDUKUNG MEDIA GRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PECAHAN SEDERHANA KELAS III SDN JAGALAN KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

FIFI NGAINIL MU'FIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0244

Abstract

ABSTRAK FIFI NGAINIL MU’FIDAH :Pengaruh Pengaruh Model Missouri Mathematics Projeck (MMP) Didukung Media Grafis Terhadap Kemampuan Mengenal Pecahan Sederhana Siswa Kelas III SDN Jagalan 1, Kota KediriTahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi siswa kelas 3 SDN Jagalan 1 kota Kediri pada saat pembelajaran yang menunjukkan siswa belum mampu mengenal pecahan sederhana, terbukti rata-rata nilai siswa 61,3 dengan KKM 75. Hal tersebut disebabkan karena guru menyampaikan materi pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran, serta siswa hanya mendengarkan dan mengerjakan soal sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba menggunakan model MMP didukung media grafis dalam pembelajaran mengenal pecahan sederhana. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi :(1)Bagaimanakah kemampuan mengenal pecahan sederhana dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) didukung media grafis pada siswa kelas III SDN Jagalan 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018 ? (2) Bagaimanakah kemampuan mengenal pecahan sederhana dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) tanpa didukung media grafis pada siswa kelas III SDN Jagalan 5 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018 ? (3) Adakah pengaruh model Missouri Mathematics Project (MMP) didukung media grafis terhadap kemampuan mengenal pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Jagalan 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018 ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pretest-postest control group design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III SDN Jagalan 1 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas III SDN Jagalan 5sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumennya berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) Kemampuan mengenal pecahan sederhana siswa kelas III SDN Jagalan 1 kota Kediri tahun ajaran 2017-2018 menggunakan model MMP didukung media grafis diperoleh rata-rata 87,73; 2) Kemampuan mengenal pecahan sederhana siswa kelas III SDN Jagalan 5 kota Kediri tahun ajaran 2017-2018 menggunakan model MMP tanpa didukung media grafis diperoleh rata-rata 82,27; dan 3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Missouri Mathematics Project (MMP)didukung media grafis terhadap kemampuan mengenal pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Jagalan 1 kota Kediri tahun ajaran 2017-2018, dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung (2,53) ? t_(tabel ) (2,02) pada taraf signifikansi 5% dengan db sebesar 42. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, guru dapat memanfaatkan model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan didukung media grafis untuk memudahkan dan membantu penyampaian materi mengenal pecahan sederhana. Kata kunci:Model Missouri Mathematics Projeck(MMP),media grafis, kemampuan mengenal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI