Pengembangan Media 3 Dimensi Map Dalam Mendeskripsikan Tempat Sesuai Dengan Denah Atau Gambar Dengan Kalimat Yang Runtut Kelas IV Semester 1 SDN Tempurejo 1


Author (Penulis)

DYAH TRI AYU SETYANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0243

Abstract

Dyah Tri Ayu Setyaningrum : Pengembangan Media 3 Dimensi Map Dalam Mendeskripsikan Tempat Sesuai dengan Denah atau Gambar dengan Kalimat yang Runtut Kelas IV Semester 1 SDN Tempurejo 1, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci: Pengembangan media 3 Dimensi Map, dalam mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih menitik beratkan guru sebagai peran utama dalam pembelajaran. Guru lebih banyak menjelaskan, kemudian siswa mencatat dan mendengarkan sehingga tingkat keaktifan siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurang adanya media pembelajaran yang mendukung dan tidak ada variasinya. Bahkan terkadang dalam pembelajaran guru hanya menerapkan metode ceramah saja dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran 3 Dimensi Map dalam mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut. Model pengembangan untuk mengembangkan produk media pembelajaran 3 Dimensi Map mengacu pada model pengembangan dengan pendekatan ADDIE yang mencakup 5 tahap yaitu analysis (analisis), desain (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi).Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validasi (checklist)¸ angket respon siswa, perangkat pembelajaran dan tes. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu prosedur pengembangan media pembelajaran 3 Dimensi Map dalam mendeskripsikan tempat sesui dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut pada model pengembangan dengan pendekatan ADDIE. Kemampuan mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar pada siswa kelas IV SDN Tempurejo 1 dapat dikatakan efektif dengan menggunakan media 3 Dimensi Map Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil nilai tes soal evaluasi siswa. Pada penilaian soal evaluasi dengan rata-rata 25 siswa memperoleh nilai rata-rata KKM (75). Nilai rata-rata pada soal evaluasi adalah 88,4 hal ini membuktikan bahwa media 3 dimensi map efektif digunakan dalam membantu siswa mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut kelas IV SDN Tempurejo 1. Respon siswa terhadap media pembelajaran 3 Dimensi Map yang telah diterapkan dalam pembelajaran memperoleh rata-rata 95 masuk dalam kategori valid dan sangat baik untuk digunakan yang berarti rata-rata siswa kelas IV SDN Tempurejo 1 “setuju” dengan penggunaan media 3 Dimensi Map.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade