PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DI DUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN JARING-JARING BALOK DAN KUBUS PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL HUDA TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
RATNA ENDAH WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0239
Abstract
ABSTRAK
Ratna Endah Wulandari: Pengaruh Model Pembelajarn Creative Problem Solving Didukung Media Konkret Terhadap Kemampuan Menentukan Jaring-jaring Balok dan Kubus pada Siswa Kelas IV SD Islam Al-Huda Tahun 2016/2017. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CPS, Media konkret, Kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal bahwa kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus rendah karena di dalam pembelajaran siswa pasif dan tidak terlibat secara langsung di dalam pembelajaran. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan model dan media pembelajaran yang teapat untuk mempermudah siswa dalam menerima materi yang disampaikan guru yaitu model pembelajaran creative problem solving dan media konkret.
Sehingga tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran creative problem solving tanpa didukung media konkret terhadap kemampuan menentukkan jaring-jaring balok dan kubus pada siswa kelas IV SD Islam Al-Huda tahun ajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran creative problem solving didukung media konkret terhadap kemampuan menentukkan jaring-jaring balok dan kubus pada siswa kelas IV SD Islam Al-Huda tahun ajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan antara model pembelajaran creative problem solving didukung media konkret dengan model pembelajaran creative problem solving tanpa didukung media konkret terhadap kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus pada siswa kelas IV SD Islam Al-Huda tahun ajaran 2016/2017.
Tekhnik penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design Analisis data yang digunakan adalah Spss 16 for Windows menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian ini adalah: (1)Ada pengaruh model pembelajaran creative problem solving tanpa didukung media konkret terhadap kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus pada siswa kelas IV SD Islam Al Huda tahun ajaran 2016/2017.(2)Ada pengaruh model pembelajaran creative problem solving dengan didukung media konkret terhadap kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus pada siswa kelas IV SD Islam Al Huda tahun ajaran 2016/2017.(3)kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus siswa yang mengikuti model pembelajaran creative problem solving didukung media konkret lebih baik dari pada siswa yang mengikuti model pembelajaran creative problem solving tanpa didukung media konkret pada siswa kelas IV SD Islam Al-Huda Tahun ajaran 2016/2017.