PENGARUH MODEL PAIR CHECK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BENDA-BENDA YANG DIKENAL DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS II SDN BERBEK 3 KECAMATAN BERBEK KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017-2018
Author (Penulis)
IKHARAMAHINDRA SANTJAJA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0238
Abstract
Ikharamahindra S: Pengaruh Model Pair Check dengan Menggunakan Media Konkret Terhadap Kemampuan
Mengidentifikasi Benda-Benda Yang Dikenal dan Kegunaannya Pada Siswa Kelas II SDN Berbek 3 Kecamatan
Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017-2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.
Kata kunci : Model Pair Check, media Konkret, mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, melalui observasi peneliti, bahwa guru masih
menggunakan model pembelajaran tradisional dan tanpa penggunaan media, dimana pembelajaran berpusat pada
guru dengan cara ceramah dan menyampaikan materi tanpa menggunakan media. Bertolak dari keadaan tersebut
maka peneliti menggunakan model Pair Check dan media konkret pada pembelajaran IPA dengan tujuan untuk
mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
kegunaannya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi benda-benda
yang dikenal dan kegunaannya dengan menggunakan model pembelajaran pair check menggunakan media
konkret pada siswa kelas II SDN berbek 3 kabupaten Nganjuk? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi
benda-benda yang dikenal dan kegunaannya dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas
II SDN berbek 3 kabupaten Nganjuk? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran pair check menggunakan media
konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya pada siswa kelas II
SDN berbek 3 kabupaten Nganjuk Kabupaten Nganjuk?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest kontrol Group Design dengan pendekatan
penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas II SDN berbek 3 kabupaten Nganjuk.
Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran pair
check menggunakan media konkret dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk
menganalisis data peneliti menggunakan rumus Paired Sample Test dan descriptive stastistik.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran
pair check menggunakan media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
kegunaannya pada siswa kelas II SDN Berbek 3 Kabupaten Nganjuk yang cukup tinggi, hal ini terbukti dari nilai
dengan rata-rata 85.47. (2) model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan mengidentifikasi benda?benda yang dikenal dan kegunaannya pada siswa kelas II SDN Berbek 3 Kabupaten Nganjuk yang masih di
rendah, hal ini terbukti dari nilai dengan rata-rata 71.09.(3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran pair
check menggunakan media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
kegunaannya pada siswa kelas II SDN Berbek 3 Kabupaten Nganjuk dari pada penggunaan model pembelajaran
konvensional hal ini dapat diketahui dengan perbandingan nilai rata-rata kelas ekperimen dan kelas kontrol yaitu
85.47>71.09.