PENGARUH MODEL PAIR CHECK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BENDA-BENDA YANG DIKENAL DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS II SDN BERBEK 3 KECAMATAN BERBEK KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

IKHARAMAHINDRA SANTJAJA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0238

Abstract

Ikharamahindra S: Pengaruh Model Pair Check dengan Menggunakan Media Konkret Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Benda-Benda Yang Dikenal dan Kegunaannya Pada Siswa Kelas II SDN Berbek 3 Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017-2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Kata kunci : Model Pair Check, media Konkret, mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, melalui observasi peneliti, bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran tradisional dan tanpa penggunaan media, dimana pembelajaran berpusat pada guru dengan cara ceramah dan menyampaikan materi tanpa menggunakan media. Bertolak dari keadaan tersebut maka peneliti menggunakan model Pair Check dan media konkret pada pembelajaran IPA dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya dengan menggunakan model pembelajaran pair check menggunakan media konkret pada siswa kelas II SDN berbek 3 kabupaten Nganjuk? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas II SDN berbek 3 kabupaten Nganjuk? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran pair check menggunakan media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya pada siswa kelas II SDN berbek 3 kabupaten Nganjuk Kabupaten Nganjuk? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest kontrol Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas II SDN berbek 3 kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran pair check menggunakan media konkret dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan rumus Paired Sample Test dan descriptive stastistik. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran pair check menggunakan media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya pada siswa kelas II SDN Berbek 3 Kabupaten Nganjuk yang cukup tinggi, hal ini terbukti dari nilai dengan rata-rata 85.47. (2) model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan mengidentifikasi benda?benda yang dikenal dan kegunaannya pada siswa kelas II SDN Berbek 3 Kabupaten Nganjuk yang masih di rendah, hal ini terbukti dari nilai dengan rata-rata 71.09.(3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran pair check menggunakan media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya pada siswa kelas II SDN Berbek 3 Kabupaten Nganjuk dari pada penggunaan model pembelajaran konvensional hal ini dapat diketahui dengan perbandingan nilai rata-rata kelas ekperimen dan kelas kontrol yaitu 85.47>71.09.

Keyword

Model Pair Check, media Konkret, mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade