PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN LINGKUNGAN BUATAN KELAS 3 SEKOLAH DASAR


Author (Penulis)

YENITA SUGMA RYANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0235

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPS di SD yag cenderung lebih banyak ceramahnya. Hal ii dikarenakan IPS merupakan mata pelajaran teoritis, sehingga guru lebih memilih untuk menyampaikan materi dengan ceramah tanpa menghadirkan media. Akibatnya minat belajar siswa sangat kurang, karena pembelajaran yang monoton . Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan tersebut, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengembangan multimedia interaktif pada materi lingkungan alam dan lingkungan buatan kelas 3 SD (2) mendeskripsikan respon siswa dalam menggunakan media yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Pengembangan multimedia interaktif dibuat dengan mengadaptasi dan memodifikasi model pengembangan Four-D (4D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahapan pada model tersebut adalah define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Peneliti memodifikasi model pengembangan tersebut menjadi 3D, taitu hanya sampai pada tahap develop (pengembangan), karena penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang layak untuk digunakan. Media yang dikembangkan adalah multimedia interaktif. Dalam uji coba terbatas peneliti menggunakan 10 siswa, sedangkan dalam uji coba luas peneliti menggunakan 20 siswa. Peneliti menggunakan instrumen angket yang diberikan kepada subyek penelitian. Dalam penelitian uji coba terbatas, multimedia interaktif mendapatkan skor rata-rata 4,3 (sangat baik), sedangkan dalam uji coba luas mendapatkan skor rata-rata 4,12 (baik). Selain itu indikator tentanfg kemenarikan tampilan dan kemenarikan pembelajaran mendapatkan skor pling tinggi diantara indikator lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif mendapatkan respon positif dari siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI