pengaruh model pembelajaran team quiz didukung media gambar terhadap hsil belajar materi perjuangan mempersiapkan kemerdekan indonesia kelas V SDN Ngdirejo 2 kota kediri tahun ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

TEMON RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0234

Abstract

ABSTRAK Temon Rahayu: Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz didukung Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Materi Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Kelas V SDN Ngadirejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri. Kata Kunci : Model Team Quiz,Media Gambar,Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti,bahwa pada pembelajaran IPS SD yang masih didominasi oleh peran guru. Serta kegiatan pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah saja tanpa adanya penggunaan model pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar perjuangan mempersiapakan kemerdekaan indonesia rendah. Salah satu uapaya mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model dan media pembelajaran yang tepat digunakan model Team Quiz dan media gambar Permasalahan penelitian ini adalah (1)“apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz Didukung Media Gambar terhadap hasil belajar siswa materi Materi perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia pada Kelas V Kota Kediri Tahun 2016-2017” (2) “apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz tanpa Didukung Media Gambar terhadap hasil belajar siswa Materi perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia pada Kelas V Kota Kediri Tahun 2016-2017” (3) ”Adakah perbedaan hasil belajar yang diajar menggunakan Model pembelajaran Team Quiz didukung media gambar dan yang tidak didukung media gambar materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada kelas V SDN Ngadirejo 2 Kota Kediri Tahun 2016-2017”. Penelitianini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design.Penelitianinimenggunakan pendekatankuantitatifdengan subjek penelitian siswa Kelas V SDN Ngadirejo II yakni kelas Va (kelompok eksperimen) dan SDN Ngadirejo V kelas Vb (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data berupa tes,denganmenggunakanjenispenilaiantestertulis. Analisis data yang digunakan adalahuji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model Team Quiz didukung media gambar sangat berpengaruh signifikan terhadap materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, hal ini terbukti dari nilai thitung (6,940). Dengan rerata 84,77 (2) Penggunaan model Team Quiz tanpa media gambar berpengaruh signifikan terhadap terhadap materi perjuangan mempersiapakan kemerdekaan Indonesia berharga, hal ini terbuktihal ini terbukti dari nilai thitung (3,205) . Dengan nilai rerata kurang yaitu 72,50(3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang diajar menggunakan model Team Quiz didukung media gambar dan yang tidak didukung media gambar t materi perjuangan mempersiapakan kemerdekaan Indonesia.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI