Pengaruh model pembelajaran Inkuiri di dukung media konkrit terhadap kemampuan menjelaskan struktur daun tumbuhan dengan fungsinya pada siswa kelas 4 SDN 3 Tasikmadu Kabupaten trenggalek


Author (Penulis)

MUHAMMAD ZAINAL MUTTAQIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0233

Abstract

Muhammad Zainal Muttaqin. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Didukung Media Konkrit Terhadap Kemampuan Menjelaskan Struktur Daun Tumbuhan Dengan Fungsinya Siswa Kelas IV SDN 3 Tasikmadu Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Media Konkrit, Kemampuan, Menjelaskan Struktur Daun Tumbuhan Dengan Fungsinya. Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran IPA saat ini pada umumnya lebih didominasi oleh model pembelajaran konvensional, dimana pembelajaran diawali dengan penyampaian materi oleh guru dengan cara ceramah dilanjutkan dengan tanya jawab dan penugasan, sehingga siswa cenderung pasif dan menerima apa adanya materi yang diajarkan tanpa berusaha membalas dan memahaminya. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat yaitu Model Pembelajaran Inkuiri didukung media konkrit. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Inkuiri didukung media konkrit berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan struktur daun tumbuhan dengan fungsinya pada siswa kelas 4 SDN 3 Tasikmadu Tahun pelajaran 2016/2017, 2) Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Inkuiri tanpa media konkrit berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan struktur daun tumbuhan dengan fungsinya pada siswa kelas 4 SDN 3 Tasikmadu Tahun Pelajaran 2016/2017, dan 3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri didukung media konkrit dibanding Model Pembelajaran Inkuiri tanpa didukung media konkrit siswa kelas 4 SDN 3 Tasikmadu kabupaten trenggalek tahun pelajaran 2016/2017 terhadap kemampuan menjelaskan struktur daun tumbuhan dengan fungsinya. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest kontrol Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas IV SDN 3 Tasikmadu Trenggalek. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IVa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri tanpa didukung media konkret dan kelas IVb sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri didukung media konkret. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik Paired Sample Test dan Independent Sample Test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1)ada pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri didukung media konkrit terhadap kemampuan menjelaskan struktur daun tumbuhan dengan fungsinya pada siswa kelas 4 SDN 3 Tasikmadu kabupaten trengggalek, hal ini terbukti dari nilai thitung (6.638) > ttabel (2.845) dengan taraf signifikasi 1%. (2)ada pengaruh model Inkuiri tanpa media konkrit terhadap kemampuan menjelaskan struktur daun tumbuhan dengan fungsinya pada siswa kelas 4 SDN 3 Tasikmadu kabupaten trengggalek hal ini terbukti dari nilai thitung (2.093) > ttabel (2,074) dengan taraf signifikasi 5%. (3) ada perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri didukung media konkrit dibanding tanpa didukung media konkrit pada siswa kelas 4 SDN 3 Tasikmadu kabupaten trengggalek, hal ini terbukti dari nilai thitung (4.567) > ttabel (2.704) taraf signifikasi 1%, serta rata-rata hasil belajar yang menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri didukung media konkrit adalah 85.40, lebih baik dari pada kelas yang diajar dengan model Inkuiri tanpa didukung media konkrit adalah 72.22

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI