EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG KELILING PERSEGI DAN KELILING PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS III SDN WAUNG II TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

RAHMA NUR MAULINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0232

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi peneliti, siswa menganggap pembelajaran matematika itu sulit. Hal ini terlihat sebelum memulai pembelajaran siswa sudah mengeluh dan terlihat dari sikap dan ekspresi siswa. Selain itu, pembelajaran matematika yang searah membuat pembelajaran tidak menarik, dan siswa hanya duduk diam mendengarkan dan mengerjakan soal. Pada hal matematika adalah ilmu yang sering digunakan dalam sehari- hari. Oleh karena itu perlu adanya strategi yang membuat siswa menyerap konsep tentang menghitung keliling persegi dan persegi panjang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN Waung II tanpa menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe pair check (2) Mengetahui kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN Waung II menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe pair check (3) Mengetahui efektivitas pemilihan strategi pembelajaran kooperatif tipe pair check dengan kemampuan menghitung keliling persegi dan keliling persegi panjang pada siswa kelas III SDN Waung II. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan penelitian eksperimen desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Waung II sejumlah 31 siswa. Data yang diperoleh berupa angka-angka berasal dari nilai pretest dan posttest siswa. Analisis data dihitung menggunakan jasa komputer program SPSS. Untuk permasalahan yang ke satu dan dua dihitung mengunakan One sampel T-test. Untuk permasalahan yang ketiga dihitung menggunakan Independent Sampel T-test. Berdasarkan hasil penelitian ini proses pembelajaran matematika berjalan dengan baik, hal ini terlihat saat proses pembelajaran berlangsung siswa aktif dan semangat dalam mengerjakam soal yang diberikan. Karena guru dapat menciptakan suasana yang berbeda dan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe pair check yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif. Hal ini dibuktikan dengan uji SPSS menggunakan uji-t Independent dimana nilai sig (2-tailed) ditemukan 0,005 yang berarti lebih kecil dari signifikansi 0,025. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe pair check dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang. KATA KUNCI: Pair Check, keliling persegi dan persegi panjang, kemampuan menghitung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI