Pengaruh Metode Team Product didikung Media Benda Konkrit Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Katerban 2 Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk


Author (Penulis)

RIO MARHASAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0230

Abstract

Rio Marhasan : Pengaruh metode team product didukung media benda konkrit terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV semester 2 SDN Katerban 2 Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun ajaran 2016/2017 Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa mata pelajaran IPA terutama materi energi panas dan bunyi di SD masih diajarkan dengan cara konvensional yaitu guru lebih banyak ceramah ketika menyampaikan materi pelajaran dan materi yang disampaikan tidak dikaitkan dengan pengalaman sehari-hari siswa sehingga siswa mudah lupa terhadap materi yang disampaikan selain itu media yang digunakan masih bersifat abstrak sehingga sulit dipahami oleh siswa dengan taraf berfikir yang masih konkret. Permasalahan pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi menggunakan Metode Team Product didukung media konkrit pada siswa kelas IV semester 2 SDN Katerban 2 Kabupaten Nganjuk? 2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi tanpa Metode Team Product didukung media konkrit pada siswa kelas IV semester 2 SDN Katerban 2 Kabupaten Nganjuk? 3) Adakah perbedaan kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi menggunakan Metode Team Product didukung media konkrit dengan tanpa menngunakan metode team product didukung media konkrit siswa kelas IV semester 2 SDN Katerban 2 Kabupaten Nganjuk ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian quasi experimental design dan pendeketan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Katerban 2, yaitu siswa kelas IV B sebagai kelas ekperimen dan siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol kemudian kedua kelas diberikan 2 tes yaitu pretest dan posttest. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan siswa mendeskripsikan energi panas dan bunyi menggunakan metode team product dinyatakan ada pengaruh dan telah memenuhi standart nilai KKM 75,00 terbukti dari hasil rata-rata nilai pretest 58,75 dan posttest 84,17. (2) kemampuan siswa mendeskripsikan energi panas dan bunyi tanpa metode team product dan media konkrit dinyatakan ada pengaruh namun masih kurang dengan standart nilai KKM 75,00 terbukti dari hasil rata-rata nilai pretest 59,20 dan posttest 73,60. (3) ada perbedaan yang signifikan kememampuan siswa mendeskripsikan energi panas dan bunyi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terbukti dari hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 84,17 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yaitu 73,60 selain itu berdasarkan hasil analisis uji t dengan menggunakan independent sample test, sign 2-tailed 0,000 ? 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Kata kunci: Metode team product, Media benda konkrit, Kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI