PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING DIDUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT BAHAN PENYUSUN BENDA PADA SISWA KELAS V SDI AL HUDA KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

MUHTADIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0227

Abstract

ABSTRAK Muhtadin : Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Didukung Media Konkret terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat Bahan Penyusun Benda Siswa Kelas V SDI Al-Huda Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Pada penelitian ini diharapkan dalam proses pembelajaran siswa menjadi mudah menangkap materi yang disampaikan guru, khususnya pada materi mengidentifikasi sifat bahan penyusun benda. Dan pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Tetapi pada kenyataannya aktivitas belajar siswa rendah dan mengakibatkan kurang dapat memahami materi yang diajarkan guru karena penyajian materi tidak menggunakan model dan media yang cocok untuk materi yang disampaikan. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi :(1)Bagaimana aktivitas guru menggunakan model inkuiri terbimbing didukung media konkret pada materi mengidentifikasi sifat bahan penyusun benda pada siswa kelas V SDI Al-Huda Kota Kediri Tahun pelajarn 2017/2018?, (2)Bagaimana aktifitas siswa menggunakan model inkuiri terbimbing didukung media konkret pada materi mengidentifikasi sifat bahan penyusun benda pada siswa kelas V SDI Al-Huda Kota Kediri Tahun pelajarn 2017/2018?, (3) Adakah pengaruh meodelinkuiri terbimbingdidukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat bahan penyusun benda pada siswa kelas V SDI Al-Huda Kota Kediri Tahun pelajarn 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDI Al-Huda Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan menggunakan soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t maka melakukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut 1) Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing didukung media konkret pada materi sifat bahan penyusun benda siswa kelas V SDI Al-Huda Kota Kediri selama dua hari mencapai 94%. Hal ini dapat dikatakan bahwa guru sudah melaksanakan langkah-langkah model inkuiri terbimbing yang ada. 2) Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing didukung media konkret pada materi sifat bahan penyusun benda siswa kelas V SDI Al-Huda Kota Kediri selama dua hari mencapai 71,4%. Hal ini dapat dikatakan bahwa siswa sudah melaksanakan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing sesuai dengan langkah-langkah model yang ada. 3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan didukung media benda konkret terhadap hasil belajar mengidentifikasi sifat bahan penyusun benda pada siswa kelas V SDI Al Huda kota Kediri. Dibuktikan dengan hasil independent sample test dengan t-hitung > t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,006, sehingga dapat ditulis th 2,650 >tb 2,006. Dari hasil uji t tersebut diketahui P value (sign) < 0,05 yaitu 0,011 < 0,05. Kata kunci : model pembelajaran inkuiri terbimbing, media konkret, mengidentifikasi sifat bahan penyusun benda.

Keyword

Model Inkuiri, Media Konkret

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade