Peningkatan Hasil Belajar Memahami Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah dan Sekolah dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas III SDN Bangsal 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

DESY WIDAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0226

Abstract

Abstrak Hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran IPS memahami kegiatan jual beli di rumah dan sekolah masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan didominasi pada peran guru. Aktivitasnya suasana kelas monoton, pasif, dan cenderung membosankan siswa belum diberi kesempatan untuk mencoba berpikir kritis, bekerja sama dengan temannya yang berdampak hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Bangsal 1 Kota Kediri yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian dilakasankan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penilaian aktivitas siswa pada siklus I mencapai 76,65% kriteria Cukup Baik (C), pada siklus II meningkat menjadi 88,88% kriteria Baik (B). Pada siklus II meningkat menjadi 88,88% kriteria Baik (B). Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan belajar 68,75% (22 siswa), pada siklus II naik menjadi 93,75% (30 siswa) tinggal 2 siswa (6,25%) diadakan remidi. Simpulan penelitian tindakan kelas ini bahwa pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa Kelas III sdn Bangsal 1 Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar, Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah dan Sekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI