PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI DUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SDN MUNJUNGAN 3 TRENGGALEK TAHUN 2017/2018
Author (Penulis)
OKY LINDRA WARDANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0225
Abstract
ABSTRAK
Oky Lindra Wardana : Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation di Dukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi Siswa Kelas IV Semester IV SDN 3 Munjungan Trenggalek Tahun 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri 2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan melalui metode ceramah dan pemberian tugas atau lebih berorientasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam mendeskripsikan perubahan kenampakan permukaan bumi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran group investigation di dukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas IV SDN 3 Munjungan tahun pelajaran 2017 / 2018 ? (2) Apakah model pembelajaran group investigation tanpa di dukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas IV SDN 1 Munjungan tahun pelajaran 2017 / 2018 ? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan model group investigation di dukung media visual dibanding dengan model pembelajaran group investigation tanpa di dukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas IV SDN Munjungan tahun pelajaran 2017 / 2018 ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 3 Munjungan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran group investigation di dukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan permukaan bumi pada siswa Kelompok IV SDN 3 Munjungan tahun pelajaran 2017 / 2018 hal ini terbukti dari tingginya harga nilai t-hitung = 5.118 > t tabel 1% =2,064. p<0,01% yang berarti sangat signifikan dengan ketuntasan klasikal 78,4 %. (2) Model pembelajaran group investigation tanpa di dukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas IV SDN 1 Munjungan tahun pelajaran 2017 / 2018 hal ini terbukti dari tingginya harga nilai t hitung = 3.965 > t tabel 1% =2,074 dengan ketuntasan klasikal 34,683 %.(3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model group investigation di dukung media visual dibanding dengan model pembelajaran group investigation tanpa di dukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas IV SDN 3 Munjungan tahun pelajaran 2017 / 2018 hal ini terbukti dari tingginya harga nilai t hitung = 3.881 > t tabel 1% =2,021 dengan keunggulan penggunaan model group investigation di dukung media visual.
Kata Kunci : Model Group Investigation, Metode Diskusi, Media visual