PENGEMBANGAN LKS TEMATIK INTEGRATIF TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 UNTUK KELAS IV SDN SUKORAME 2 KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

YOLANDA DANA KUMALA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0224

Abstract

PENGEMBANGAN LKS TEMATIK INTEGRATIF TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 UNTUK KELAS IV SDN SUKORAME 2 KOTA KEDIRI YOLANDA DANA KUMALA SARI 13.1.01.10.0224 FKIP - PGSD andhayola@gmail.com Dra. Endang Sri Mujiwati dan Erif Ahdhianto, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK LKS yang digunakan siswa SDN Sukorame 2 Kota Kediri tidak menarik dikarenakan LKS tidak berwarna dan mewakili sedikit gambar. Hal ini membuat motivasi belajar siswa rendah. Selain itu, beberapa komponen dalam LKS tersebut tidak ada petunjuk belajar, langkah kerja, dan sedikitnya latihan soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan LKS tematik integratif tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 untuk siswa kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri. Rumusan masalah pada penelitian pengembangan ini meliputi: (1) Bagaimana prosedur pengembangan LKS Tematik Integratif tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 untuk kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri?; (2) Apakah pengembangan LKS Tematik Integratif tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 untuk kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri valid?; (3) Apakah pengembangan LKS Tematik Integratif tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 untuk kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri praktis?; (4) apakah pengembangan LKS TEmatik Integratif tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 untuk kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri efektif? Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah ADDI model yang terdiri dari lima tahapan, yaitu, (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Sebelum diujicobakan, produk pengembangan LKS ini divalidasi. Validasi LKS dilakukan oleh beberapa ahli materi dan ahli konstruksi. Validasi dilakukan dengan mengisi angket kevalidan. Selain angket kevalidan, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kepraktisan dan tes. Selanjutnya, data yang diperoleh dari angket dan tes dianalisis. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif.. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Pengembangan LKS Tematik Integratif tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 untuk kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri sesuai prosedur pengembangan ADDIE. (2) LKS tematik integratif tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 untuk siswa kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri valid, dengan hasil rata-rata kevalidan sebesar 86,23%. (3) LKS tematik integratif tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 untuk siswa kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri praktis, dengan hasil kepraktisan sebesar 88,57%. (4) LKS tematik integratif tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 untuk siswa kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri efektif, dengan hasil keefektifan sebesar 87%. KATA KUNCI : LKS, tematik integratif, valid, praktis, efektif

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI