PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERDASARKAN PENGELOMPOKKAN MENURUT GENDER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN SAMBIROBYONG 2 KABUPATEN KEDIRI 2016/2017


Author (Penulis)

AULLIYAH WAHYU NINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0223

Abstract

Aulliyah Wahyu Ningsih: Pengaruh Penggunaan Model Course Review Horay Berdasarkan Pengelompokkan Menurut Gender Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Sambirobyong 2 Kabupaten Kediri 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017 Kata Kunci : kooperatif, model course review horay, hasil belajar, pesawat sederhana, pengelompokkan menurut gender. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh metode konvensional dengan di dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Oleh karena itu model digunakan untuk membantu proses pembelajaran agar pembelajaran yang berlangsung lebih menarik sehingga siswa dapat berperan aktif dan bertujuan untuk mencari pengaruh penggunaan model course review horay tersebut terhadap hasil belajar berdasarkan Pengelompokkan Menurut gender. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model course review horay yang dikelompokan berdasar gender terhadap hasil belajar IPA pada materi pesawat sederhana di kelas V SDN Sambirobyong 2 tahun ajaran 2016/2017? (2) Apakah ada pengaruh penggunaan model course review horay yang dikelompokan berdasar tidak dipisah (campuran) terhadap hasil belajar IPA pada materi pesawat sederhana di kelas V SDN Sambirobyong 2 tahun ajaran 2016/2017? (3) Apakah ada pengaruh hasil belajar IPA dengan tidak berkelompok (konvensional) pada materi pesawat sederhana di kelas V SDN Sambirobyong 2 tahun ajaran 2016/2017? (4) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan model course review horay dikelompokkan berdasarkan gender terhadap hasil belajar IPA pada materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Sambiroyong 2 tahun ajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Sambirobyong 2. Penelitian dilaksanakan menggunakan instrumen berupa perangkat pembelajaran yaitu Silabus, RPP dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh penggunaan model course review horay dengan kelompok dipisah menurut gender terhadap hasil belajar IPA pada materi pesawat sederhana di kelas V SDN Sambirobyong 2 tahun ajaran 2016/2017 baik. (2) Ada pengaruh penggunaan model course review horay dengan kelompok tidak dipisah (campuran) terhadap hasil belajar IPA pada materi pesawat sederhana di kelas V SDN Sambirobyong 2 tahun ajaran 2016/2017 baik. (3) Ada pengaruh hasil belajar IPA dengan tidak berkelompok (konvensional) pada materi pesawat sederhana di kelas V SDN Sambirobyong 2 tahun ajaran 2016/2017 baik. (4) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model course review horay dikelompokkan berdasarkan gender terhadap hasil belajar IPA pada materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Sambiroyong 2 tahun ajaran 2016/2017

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI