PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PQ4R DENGAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CERITA ANAK PADA SISWA KELAS 2 SDN 1 NGLEBENG KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

RIAN NURDIANSAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0221

Abstract

ABSTRAK RIAN NURDIANSAH: Pengaruh Penggunaan Model PQ4R Dengan Media Flipchart Terhadap Kemampuan Membaca Cerita Anak Pada Siswa Kelas 2 SDN 1 Nglebeng Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2017-2018 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi membaca cerita anak, siswa SDN 1 Nglebeng kesulitan untuk memahami cerita anak yang dibacanya. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru belum menentukan model pembelajaran yang tepat untuk materi membaca cerita anak. Siswa kesulitan untuk menguasai materi ajar sehingga kemampuan membaca cerita anak siswa belum tercapai secara maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model pembelajaran PQ4R,Media Flipchar agar tujuan pembelajarannya tercapai. Berdasarkan latarbelakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 perumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kemampuan membaca cerita anak pada siswa kelas II SDN Nglebeng yang diajarkan dengan model PQ4R menggunakan media flipchart? (2) Bagaimana kemampuan membaca cerita anak pada siswa kelas II SDN Nglebeng yang diajarkan dengan model konvensional? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara model PQ4R menggunakan media flipchart dibanding model konvensional terhadap kemampuan membaca cerita anak pada siswa kelas II SDN Nglebeng ? Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan desain penelitian Posttes-only control design. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN 1 Nglebeng Kab Trenggalek dengan populasi/sampel SDN 1 Nglebeng kelas 2A sebanyak 25 siswa (sebagai kelompok eksperimen) dan SDN 1 Nglebeng kelas 2B sebanyak 24 siswa (sebagai kelompok kontrol) diteliti semua. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan teknik pengolahan data digunakan t-tes. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan temuan penelitian bahwa 1) Penggunaan model PQ4R menggunakan media flipchart berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan membaca cerita anak pada siswa kelas II SDN Nglebeng hal ini terbukti dari tingginya harga nilai t-hitung (8,579) > t-tabel 1% (2,797)p<0,01% yang berarti sangat signifikan 2) Penggunaan model konvensional berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan membaca cerita anak pada siswa kelas II SDN Nglebeng, hal ini terbukti dari tingginya harga t-hitung (7,542) > t-tabel 1% (2,807)p<0,01% yang berarti sangat signifikan. 3) Ada perbedaan pengaruh signifikan antara penggunaan model PQ4R menggunakan media flipchart dibanding konvensional terhadap kemampuan membaca cerita anak pada siswa kelas II SDN Nglebeng, hal ini terbukti dari tingginya harga t-hitung (2,567) > t-tabel 5% (2,021)p<0,05 yang berarti signifikan. Kata kunci : PQ4R,Media Flipchart, Kemampuan Membaca Cerita Anak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI