PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DI DUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN CAMPUREJO 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DISKA DESI INTANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0218

Abstract

ABSTRAK Diska Desi Intansari: Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Di Dukung Media Benda Nyata Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci: model pembelajaran learning cycle 5E, media benda nyata dan kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwasanya guru kurang menyiapkan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang dipelajari bahkan tidak jarang guru mengajar dengan metode ceramah tanpa di dukung model pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran. Dengan demikian proses pembelajaran mengakibatkan siswa menjadi pasif dan kurang memperhatikan materi sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Kemampuan siswa mendeskripsikan sifat-sifat cahaya tanapa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E tanpa didukung media benda nyata (2) Kemampuan siswa mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan didukung media benda nyata (3) Pengaruh terhadap penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan didukung media benda nyata terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar test berupa soal pilihan ganda,. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan program SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan siswa mendeskripsikan sifat-sifat cahaya tanpa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E tanpa didukung media benda nyata cenderung rendah dengan nilai rata-rata 65.33 dengan nilai klasikal 40% di bawah KKM 70 (2) Kemampuan siswa mendeskripsikan sifat-sifat cahaya setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan didukung media benda nyata meningkat dengan nilai rata-rata 76.33 dengan nilai klasikal 80% diatas KKM 70 (3) Ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan didukung media benda nyata dibuktikan Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 Kesimpulannya adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E didukung media benda nyata terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam strategi pembelajaran sehingga dapat menjadikan siswa aktif serta menjadikan pembelajaran lebih bermakna.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI