PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIDUKUNG DENGAN MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR MENJUMLAHKAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN NGADIREJO 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MELLYTA HANUNG PRATIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0215

Abstract

ABSTRAK Mellyta Hanung Pratiwi: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIDUKUNG DENGAN MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR MENJUMLAHKAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN NGADIREJO 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi penelitan di SDN Ngadirejo 3 yang menunjukkan bahwa siswa kurang mampu menjumlahkan pecahan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang masih di bawah KKM (70). Hal tersebut disebabkan guru hanya menggunakan model konvensioanal tanpa menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung media kartu domino dalam pembelajaran menjumlahkan pecahan. Permasalahan dalam pebelitian ini meliputi : (1) Bagaimanakah hasil belajar menjumlahkan pecahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung dengan media kartu domino siswa kelas IV SDN Ngadirejo 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017?, (2) Bagaimana hasil belajar menjumlahkan pecahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas IV SDN Banjaran 3 Kota Kediri Ajaran 2016/2017?, dan (3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung dengan media kartu domino terhadap hasil belajar menjumlahkan pecahan siswa kelas IV SDN Ngaadirejo 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain Nonequivqlent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ngadirejo Kota Kediri 3 sebanyak 25 siswa dan siswa kelas IV SDN Banjaran 3 Kota Kediri sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis dan bentuk instrumenya berupa soal uraian berjumlah 10 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: (1) hasil belajar menjumlahkan pecahan dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD didukung dengan media kartu domino pada kelas IV SDN Ngadirejo 3 Kota Kediri dinyatakan tinggi dengan nilai rata-rata 84; (2) hasil belajar menjumlahkan pecahan dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN Banjaran 3 Kota Kediri dinyatakan rendah dengan nilai rata-rata 69,26; (3) ada pengaruh model kooperatif tipe STAD didukung dengan media kartu domino terhadap hasil belajar menjumlahkan pecahan pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo Kota Kediri dibuktikan dengan hasil uji t didapat thitung (4,997) ? ttabel 5% (2,021) dengan db 50. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, media kartu domino, media kartu domino

Keyword

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD, MEDIA KARTU DOMINO

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade