PENGARUH MODEL ROLE PLAYING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PENTINGNYA KOPERASI DALAM KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SISWA KELAS IV SDN SUMENGKO IV TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MERISA PARINTIANA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0213

Abstract

ABSTRAK Merisa Parintiana Sari: Pengaruh model Role Playing didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal pentingnya koperasi dalam kesejahteraan masyarakat siswa kelas IV SDN Sumengko IV, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang terjadi pada proses belajar mengajar, khusunya pada mata pelajaran IPS. Pada pembelajaran IPS masih terlihat guru hanya menerangkan materi tanpa menggunakan media sebagai pendukungnya. Akibatnya pembelajaran menjadi membosankan. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil kemampuan yang diperoleh siswa pada materi mengenal koperasi masih terlihat rendah yaitu masih di bawah nilai KKM. Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan mengenal pentingnya koperasi tanpa model role playing dan media gambar? (2) bagaimanakah kemampuan mengenal pentingnya koperasi menggunakan model role playing didukung media gambar? (3) Adakah pengaruh model role playing didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal pentingnya koperasi? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen yaitu pretest-postest control group design. Dimana teknik penelitian ini menggunakan pretest dan postest untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Sumengko IV. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV A dan IV B dengan pengambilan sample menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pada penelitian ini instrumen dalam pengumpulan data berupa RPP dan soal pretest posttest. Teknik analalisis pada penelitian ini menggunakan uji T. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mengenal pentingnya koperasi tanpa menggunakan model role playing masih kurang, hal ini dibuktikan dengan nilai rata rata siswa yaitu 74,09. (2) kemampuan mengenal pentingnya koperasi menggunakan model role playing sduah meningkat, hal ini dibuktikan dengan nilai rata rata siswa yaitu 80,22. (3) berdasarkan hasil analisis uji T, jika Sig.(2-tailed)<0,05 maka signifikan. Hasil penghitungannya bahwa Sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05 yang artinya ada pengaruh model role playing didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal pentingnya koperasi. Berdasarkan hasil kesimpulan di atas, saran yang dapat diberikan yaitu (1) model role playing dapat digunakan untuk proses kegiatan mengajar khususnya IPS agar pembelajaran lebih aktif dan menarik minat siswa dalam belajar. (2) bagi peneliti dapat membuat sebuah perubahan untuk lebih mengembangkan lagi sebuah penelitian terkait dengan materi Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata kunci : model role playing, media gambar, kemampuan, koperasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI