PENGARUH MEDIA PERMAINAN KOIN POSITIF DAN KOIN NEGATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEMESTER II PADA MATERI MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BILANGAN BULAT SDN 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2016 / 2017


Author (Penulis)

INDA DZIL ARSYI MAKIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0211

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran matematika terkait kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat cenderung berorientasi pada guru. Hal tersebut berdampak pada hasil prestasi yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) “Bagaimanakah hasil belajar matematika pada materi menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat dengan menggunakan media permainan koin positif dan koin negatif pada siswa kelas IV SDN 1 Karanganom”. (2) “Bagaimanakah hasil belajar matematika pada materi menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat tanpa menggunakan media permainan koin positif dan koin negatif pada siswa kelas IV SDN 2 Karanganom”. (3) “Apakah terdapat pengaruh penggunaan media permainan koin positif dan koin negatif terhadap hasil belajar siswa pada materi menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat kelas IV SDN 1 Karanganom ?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Karanganom. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan butir soal uraian.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Karanganom Tahun Ajaran 2016/2017 dengan menggunakan media permainan koin positif dan koin negatif dalam menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat dikategorikan sangat baik karena sebesar 95% nilai siswa mencapai KKM dan 5% nilai siswa belum mencapai KKM. (2) Hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Karanganom Tahun Ajaran 2016/2017 tanpa menggunakan media permainan koin positif dan koin negatif dalam menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat dikategorikan kurang baik karena sebesar 21,1% nilai siswa mencapai KKM dan 79,1% nilai siswa belum mencapai KKM. (3) Ada pengaruh penggunaan media permainan koin positif dan koin negatif terhadap hasil belajar matematika pada materi menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Karanganom, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016 / 2017. KATA KUNCI : Permainan Koin Positif dan Koin Negatif

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI