PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN TAWING KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
DWI ATMA MEI JAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0209
Abstract
ABSTRAK
Kemampuan siswa dalam mata pelajaran IPA di kalangan pelajar masih rendah dan harus membutuhkan model pembelajaran dan media yang tepat. Model pembelajaran PBL didukung media audio visual berperan penting untuk merangsang perkembangan kemajuan berpikir siswa untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah 1) kemampuan siswa mendeskripsikan sifat-sifat cahaya tanpa menggunakan model pembelajaran PBL dan media audio visual, 2) kemampuan siswa mendeskripsikan sifat-sifat cahaya menggunakan model pembelajaran PBL didukung media audio visual dan 3) pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL dengan didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V-B SDN Tawing Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung sebanyak 36 siswa . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemampuan siswa mendeskripsikan sifat-sifat cahaya tanpa menggunakan model pembelajaran PBL dan media audio visual < KKM, 2) kemampuan siswa mendeskripsikan sifat-sifat cahaya menggunakan model pembelajaran PBL didukung media audio visual > KKM dan 3) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL dengan didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
Berdasarkan hasil uji t didapat thitung (5,524) > ttabel 5% (1,691) dengan df 34 sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL dengan didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Disarankan model pembelajaran PBL didukung media audio visual dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran bagi guru.
Kata kunci : model pembelajaran PBL, media audio visual dan kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya