PENGARUH MODEL TALKING STICK DENGAN METODE DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA UANG TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN UANG SISWA KELAS IV SDN NGADIREJO KOTA KEDIRI TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

MUHAMMAD NUR FAUZI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0208

Abstract

ABSTRAK Muhammad Nur Fauzi: Pengaruh Model Talking Stick Dengan Metode Demonstrasi Didukung Media Uang Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Yang Berkaitan Dengan Uang Siswa Kelas IV SDN Ngadirejo Kota Kediri Tahun 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI KEDIRI, 2017. Proses belajar dan pembelajaran yang aktif merupakan hal penting untuk mencapai keberhasilan dalam pendidikan. Guru berperan penting untuk mengembangkan pembelajaran sedemikian rupa agar dapat memfasilitasi siswa dalam memperoleh ilmu. Salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang perlu ditingkatkan kualitasnya adalah Matematika, karena sekolah dasar tempat pertama siswa mengenal konsep-konsep dasar Matematika. Bertolak dari keadaan tersebut maka penelitian ini menggunakan model pembelajaran Talking stick dengan metode demonstrasi didukung media uang terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang dengan menggunakan metode ceramah? (2) Bagaimana kemampuan siswa memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang sesudah menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan metode demonstrasi didukung media uang? (3) Adakah pengaruh yang signifikan sesudah menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan metode demonstrasi didukung media uang terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang? Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu Quasi eksperimental Design. Adapun subyek penelitiannya siswa kelas IV SDN Ngadirejo Kota Kediri yang berjumlah 56 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa pedoman observasi, RPP, dan tes. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang siswa kelas IV menggunakan metode ceramah masih di bawah KKM yang ditentukan SDN Ngadirejo II yaitu 75, dapat dilihat nilai rata-rata pre test 63,75 dan post test 66.82, dari 28 terdapat 19 siswa yang belum tuntas. (2) Kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang siswa kelas IV menggunakan model Talking stick dengan metode demonstrasi didukung media uang sudah di atas KKM yang ditentukan SDN Ngadirejo V yaitu 75, dapat dilihat dari nilai rata-rata pre test 65,96 meningkat setelah mendapat perlakuan (post test) 78,50, dari 28 terdapat 12 siswa belum tuntas. (3) Dibuktikan dari hasil analisis data bahwa hasil thitung (2,705) > ttabel (1,673) dengan taraf signifikan 5%. Jadi, ada pengaruh signifikan dalam penerapan model Talking stick dengan metode demonstrasi didukung media uang terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang siswa kelas IV SDN Ngadirejo Kota Kediri. Kata kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Metode Demonstrasi, Media Uang, Memecahkan Masalah yang Berkaitan dengan Uang

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI