PENGARUH METODE EKSPERIMEN DIDUKUNG DENGAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BENDA BERDASARKAN PENGAMATAN PADA SISWA KELAS III SDN NGADIREJO 3 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017


Author (Penulis)

ANANG DWI ANGGARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0206

Abstract

ABSTRAK Anang Dwi Anggara : Pengaruh metode eksperimen didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan siswa III SDN Ngadirejo 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017. Penelitain ini dilatarbelakangi hasil observasi di SDN Ngadirejo 3 Kota kediri yang menujukkan siswa kurang mampu mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan. Pernyataan tersebut dibuktikan, hanya 40% siswa yang mencapai KKM setelah guru memberikan soal ualang harian. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba menggunakan metode ekserimen didukung media konkrit dalam pembelajaran mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan Permasalahan dalam peneilitain ini meliputi :(1)Bagaimana kemampuan mengidentifikasi perubahan sifat benda berdasarkan pengamatan dengan metode eksperimen didukung media konkret siswa kelas III SDN Ngadirejo 3 kota Kediri tahun pelajaran 2017?, (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi perubahan sifat benda berdasarkan pengamatan dengan metode eksperimen pada siswa kelas III SDN Banjaran 3 kota Kediri tahun pelajaran 2017?, dan (3) Adakah pengaruh metode eksperimen didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi perubahan sifat benda berdasarkan pengamatan siswa kelas III SDN Ngadirejo 3 kota Kediri tahun pelajaran 2017 ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pre-exsperimental design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III SDN Ngadirejo 3 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan kelas III SDN Banjaran 3 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumennya berupa soal piliihan ganda berjumlah 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik berupa nilai rata-rata dan statistik inferensial. Simpulan hasil penelitian ini dapat dibuktikan dari hasil nilai rata-rata post-tets kelas eksperimen 81, 67 ? KKM (75), rata-rata post-test kelas kontrol 70? KKM (75), dan analisi data yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung (3,53) ? t_(tabel ) (2,5) pada taraf signifikansi 5% dengan db sebesar 50, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode eksperimen didkung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan siswa kelas III SDN Ngadirejo 3 kota kediri tahun Pelajaran 2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, guru dapat memanfaatkan metode eksperimen didukung media konkret untuk memudahkan dan membantu penyampaian materi sifat benda. Kata kunci : metode eksperimen, media konkret, kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan.

Keyword

METODE EKSPERIMEN, MEDIA KONKRET, SIFAT-SIFAT BENDA

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade