ABSTRAK
Diayu Risqa Afriliyani: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing dan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPS Materi Permasalahan Sosial di Lingkungan Sekitar pada Siswa Kelas IV Semester II SDN I Baruharjo Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi pembelajaran IPS di kelas IV SDN I Baruharjo menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh penerapan model pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan latar belakang, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran problem posing didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS? (2) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran problem posing tanpa didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS? (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran problem posing didukung media gambar dengan model pembelajaran problem posing tanpa didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Quasi Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN I Baruharjo sebanyak 26 siswa dan siswa kelas IV SDN II Baruharjo sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis dan bentuk instrumenya berupa soal uraian berjumlah 10 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t atau t-test.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: (1) Ada pengaruh model pembelajaran problem posing didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Baruharjo dengan ketuntasan klasikal mencapai ≥75%. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,54%. Nilai t-hitung sebesar -10,319 dan t-tabel dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,056. (2) Ada pengaruh model pembelajaran problem posing tanpa didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Baruharjo dengan ketuntasan klasikal mencapai <75%. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan klasikal sebesar 71,90% Nilai t-hitung sebesar -2.591 dan t-tabel dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,120. (3) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran problem posing didukung media gambar dengan model pembelajaran problem posing tanpa didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN I Baruharjo dengan keunggulan pada pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing didukung media gambar. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung < t-tabel atau 5,435 > 2,056 artinya Ho ditolak dan Ha diterima dan ketuntasan belajar kelompok eksperimen mencapai 96,54% sedangkan ketuntasan belajar kelompok kontrol adalah 71,90% (96,54% > 71,90%).
Kata Kunci : model pembelajaran problem posing, media gambar, hasil belajar IPS
DAFTAR PUSTAKA
Angkowo, Robertus dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Konstekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama
Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitiatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: Masmedia Buana Pustaka