PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI PERMASALAHAN SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN I BARUHARJO DURENAN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DIAYU RISQA AFRILIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0205

Abstract

ABSTRAK

Diayu Risqa Afriliyani: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing dan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPS Materi Permasalahan Sosial di Lingkungan Sekitar pada Siswa Kelas IV Semester II SDN I Baruharjo Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi pembelajaran IPS di kelas IV SDN I Baruharjo menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh penerapan model pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan latar belakang, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut  :  (1) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran problem posing didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS? (2) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran problem posing tanpa didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS? (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran problem posing didukung media gambar dengan model pembelajaran problem posing tanpa didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS?  

Penelitian  ini   menggunakan  teknik  penelitian  Quasi Experimental Design.  Subjek dalam penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  IV SDN I Baruharjo sebanyak 26 siswa dan siswa  kelas  IV SDN II Baruharjo sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan  data  berupa  tes  tulis  dan  bentuk  instrumenya  berupa  soal  uraian berjumlah 10 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t atau t-test. 

Berdasarkan  hasil  analisis  data  dapat  disimpulkan: (1) Ada pengaruh model pembelajaran problem posing didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Baruharjo dengan ketuntasan klasikal mencapai ≥75%. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,54%. Nilai t-hitung sebesar -10,319 dan t-tabel dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,056. (2) Ada pengaruh model pembelajaran problem posing tanpa didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Baruharjo dengan ketuntasan klasikal mencapai <75%. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan klasikal sebesar 71,90% Nilai t-hitung sebesar -2.591 dan t-tabel dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,120. (3) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran problem posing didukung media gambar dengan model pembelajaran problem posing tanpa didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN I Baruharjo dengan keunggulan pada pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing didukung media gambar. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung < t-tabel atau 5,435 > 2,056 artinya Ho ditolak dan Ha diterima dan ketuntasan belajar kelompok eksperimen mencapai 96,54% sedangkan ketuntasan belajar kelompok kontrol adalah 71,90% (96,54% > 71,90%).

 

Kata Kunci      :   model pembelajaran problem posing, media gambar, hasil belajar IPS


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Angkowo, Robertus dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Konstekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama

Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitiatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: Masmedia Buana Pustaka


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI