PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN DAN JENIS MAKANANNYA SISWA KELAS IV SDN MOJOAYU KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

DHEDY ANDRI AFRIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0204

Abstract

Hakikat untuk mencapai tujuan pendidikan peran guru dan siswa dalam pelajaran sangat berpengaruh. Seorang guru perlu memiliki kemampuan merancang dan mengimplementasikan berbagai strategi pembelajaran yang dianggap sesuai dengan minat dan bakat serta taraf perkembangan siswa dengan memanfaatkan berbagai sumber, metode serta media pembelajaran. Kecenderungan pembelajaran IPA peserta didik hanya mempelajari IPA sebagai produk, menghafalkan konsep, dan teori. Berdasarkan kenyataan tersebut peneliti beranggapan bahwa perlu adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunkan model pembelajaran lain yang lebih menarik, mengasah kreatifitas siswa, mengajak siswa berpikir kritis.Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi menggolongkan hewan dan jenis makanannya berdasarkan makananya menggunakan model Kooperatif tipe NHT didukung media visual terhadap siswa kelas IV SDN Mojoayu tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi menggolongkan hewan dan jenis makanannya menggunakan model Kooperatif tipe NHT  tanpa didukung media visual terhadap siswa kelas IV SDN Mojoayu tahun ajaran 2017/2018? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan model kooperatif tipe NHT didukung media visual dibanding model kooperatif tipe NHT tanpa didukung media visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan dan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Mojoayu tahun ajaran 2017/2018?

          Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mojoayu Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Pengumpulan data menggunakan tes berupa soal. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.

Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model Kooperatif tipe NHT didukung media visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menggolongkan hewan dan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Mojoayu dibuktikan nilai t hitung= 10.364 > t tabel 1% =2,086. p<0,01 berarti sangat signifikan (2) Penggunaan model Kooperatif tipe NHT  tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan kemampuan menggolongkan hewan dan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Mojoayu, dibuktikan nilai t hitung = 8.686 > t tabel 1% =2,074 p<0,01 berarti sangat signifikan (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model Kooperatif tipe NHT didukung media visual dibanding dengan menggunakan model Kooperatif tipe NHT  tanpa didukung media visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan dan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Mojoayu dibuktikan nilai t hitung = 2.811> t tabel 1% =2,021 dengan keunggulan pada penggunaan model Kooperatif tipe NHT didukung media visual, yang terbukti dengan hasil perbandingan   Kelompok eksperimen 84.50 >   Kelompok kontrol 75.45.


Keyword

Model Kooperatif Media Visual

Reference

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2020-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade