Pengembangan Media Boneka Tangan Pada Materi Menceritakan Kembali Cerita Anak Yang Didengarkan Dengan Menggunakan Kata-kata Sendiri Siswa Kelas II SDN Ngadirejo 3 Kota Kediri


Author (Penulis)

DURROTUN NASHIHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0201

Abstract

ABSTRAK Permasalahan pada penelitian ini adalah: Proses pengembangan media boneka tangan materi menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan menggunakan kata-kata sendiri siswa kelas II, Kemampuan bercerita siswa setelah menggunakan media boneka tangan materi menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan menggunakan kata-kata sendiri siswa kelas II. Validitas, kepraktisan, dan efektifitas media boneka tangan digunakan dalam materi menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri siswa kelas II Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R & D) model prosedural dengan prosedur pengembangan Borg dan Gall. Subjek penelitian siswa kelas II SDN Ngadirejo 3 kota Kediri berjumlah 31 siswa dengan memberikan tes kepada siswa melalui teknik penelitian pretest dan posttest dengan memberikan instrumen berupa 4 soal tes psikomotor yaitu bercerita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Proses pengembangan media boneka tangan mudah untuk dilakukan dengan kreativitas dan inovasi baru agar terlihat lebih menarik untuk siswa. (2) Kemampuan siswa menceritakan kembali cerita yang didengarkan menggunakan kata-kata sendiri setelah menggunakan media boneka tangan meningkat. Hasil pretes diperoleh nilai rata-rata siswa 81,2, sedangkan dari hasil posttes nilai rata-rata siswa 86,8 (ada peningkatan 5,6). Dari hasil tes tersebut dapat dikatakan penggunaan media boneka tangan efektif digunakan pada pelajaran bahasa Indonesia materi menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri karena siswa semakin aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran. (3) Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media mendapat nilai 85,285 % sehingga dapat dinyatakan pengembangan media boneka tangan sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dapat digunakan tanpa perbaikan. KATA KUNCI : Media Pembelajaran Boneka Tangan, Cerita Anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI