PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN SIMETRI DIPADU DENGAN PENGGUNAAN KERTAS ORIGAMI PADA MATERI MENYELIDIKI SIFAT-SIFAT KESEBANGUNAN DAN SIMETRI MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 SDN BALESONO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MUHAMMAD FADLIL NUGRAHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0198

Abstract

Abstrak Muhammad Fadlil Nugraha: Pengembangan Pengembangan Media Papan Simetri dipadu dengan Penggunaan Kertas Origami pada Materi Menyelidiki Sifat-sifat Kesebangunan dan Simetri Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDN Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini berlatar belakang karena adanya masalah pembelajaran pada materi menyelidiki sifat-sifat kesebangunandan simetri yang masih menggunakan media seadanya.Hasilnya, siswa tidak dapat memahami materi dengan baik.Selain itu, siswa dalam mengikuti pembelajaran cenderung pasif karena guru hanya menggunakan media yang seadanya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, Bagaimanakah mengembangkan media papan simetri dipadu dengan penggunaan kertas origami pada materi menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri mata pelajaran matematika kelas 5 SDN Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya? Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Develipment), yaitu penelitian dan pengembangan menggunakan model menurut Sukmadinata Dkk. yang terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut: (1) melakukan studi pendahuluan,(2) pengembangan draf produk, (3) uji coba produk. Dengan subjek penelitian siswa kelas V SD. Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran papan simetri dinyatakan valid setelah dilakukan validasi oleh ahli materi dan media dengan skor perolehan 76% sehingga tergolong dalam kriteria Valid.Skor akhir dari respon siswa terhadap media pada uji coba terbatas adalah 84%, dan pada uji coba lebih luas respon siswa memperoleh skor akhir 79%.Itu membuktikan bahwa media pembelajaran dapat dikatakan praktis dan dapat digunakan tanpa revisi. Untuk mengetahui tingkat keefektifan media dapat dilihat dari sebelum menggunakan media papan simetri, SDN Balesono hanya 28% siswa dan SDI Ar Rohmah Balesono hanya 33% siswa saja yang mampu mencapai KKM. Sedangkan setelah menggunakan media papan simetri 72% siswa SDN Balesono dan 80% siswa SDI Ar Rohmah Balesono mampu mencapai KKM (70). Hal ini menunjukkan peningkatan yang signifikan sehingga media papan simetri dipadu dengan penggunaan kertas origami dapat dikatakan efektif. Kata kunci: media pembelajaran, papan simetri, kertas origami, kesebangunan dan simetri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI