PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SDN NGLUYU KECAMATAN NGLUYU KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

FAJAR YULIA ANGGRAENI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0197

Abstract

ABSTRAK Fajar Yulia Anggraeni: Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN Ngluyu Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa, minat membaca pada siswa saat ini masih rendah, membaca pada anak sekolah yang harus dibiasakan sejak dini, untuk menumbuhkan minat baca mereka maka dibutuhkan dorongan, bimbingan dan pembinaan dengan motivasi yang jelas dan disediakannya bahan pustaka yang lengkap dan bervariasi. Sekolah sebagai lingkungan belajar bagi anak berperan menyediakan sumber belajar yang sesuai dengan minat anak lewat perpustakaan sekolah, bagaimana peranan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian pengelola perpustkaan, kepala sekolah, guru kelas dan siswa SDN Ngluyu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber. Kesimpulan hasil penelitian ini (1) dari hasil wawancara serta observasi menunjukkan bahwa perpustakaan SDN Ngluyu melakukan peranannya dengan cukup baik dibuktikan dengan, penyediaan koleksi yang cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan membaca siswa, kondisi ruangan perpustakaan yang nyaman dan bersih, adanya program pemberian hadiah pada siswa yang sering berkunjung keperpustakaan, pemberikan motivasi melalui tulisan atau poster bertuliskan kata-kata bijak yang ditempel di dinding perpustakaan, diadakannya jadwal piket mingguan untuk setiap kelas yang bertujuan untuk membiasakan siswa merawat kebersihan di perpustakaan, perpustakaan dimanfaatkan oleh guru dengan menugasi siswa untuk mengerjakan tugas yang sumber jawabannya ada dalam koleksi perpustakaan (2) faktor penghambat perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa adalah rendahnya minat siswa itu sendiri untuk membaca dan berkunjung ke perpustakaan tidak adanya tenaga ahli yang memenuhi kualifikasi sebagai pustakawan hal ini menyebabkan sulit berkembangnya mutu perpustakaan dan pelayanan menjadi kurang maksimal. Kata kunci: Peran perpustakaan, minat baca siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI