PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGAN TERTENTU UNTUK MEMPERTAHANKAN HIDUP PADA SISWA KELAS V SDN DUREN 1 KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

WAHYU SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0196

Abstract

ABSTRAK Wahyu Santoso : Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give didukung Media Visual terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Penyesuaian Diri Hewan dengan Lingkungan Tertentu untuk Mempertahankan Hidup pada Siswa Kelas V SDN Duren 1 Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi peneliti di SDN Duren 1 yang menunjukkan bahwa siswa kurang mampu mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata yang masih dibawah KKM (75). Hal tersebut disebabkan guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa didukung media pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba menggunakan model take and give didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan model take and give didukung media visual siswa kelas V SDN Duren 1 tahun pelajaran 2017/2018?; (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan model take and give siswa kelas V SDN Bendolo tahun pelajaran 2017/2018?; (3) Adakah pengaruh yang signifikan model take and give didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup siswa kelas V SDN Duren 1 tahun pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan teknik Intact-Group Comparison. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Duren 1 yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Bendolo yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumennya berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) Siswa SDN Duren 1 tahun pelajaran 2017/2018 mampu mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan model take and give didukung media visual, karena nilai rata-rata 83,96 ? KKM (75); (2) Siswa SDN Bendolo tahun pelajaran 2017/2018 kurang mampu mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan model take and give, karena nilai rata-rata 74,63 < KKM (75); (3) Ada pengaruh signifikan model take and give didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup siswa kelas V SDN Duren 1 tahun pelajaran 2017/2018, hal itu dibuktikan dengan nilai thitung (3,86) ? ttabel (2,004). Kata kunci : model take and give, media visual, mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.

Keyword

Model Pembelajaran Take and Give, Media Visual

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade