Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Globalisasi Siswa Kelas IV SDN Ngampel 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

MU'ALIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0195

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn di SD masih didominasi oleh model pembelajaran konvensional, sehingga kurang menarik dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi itu, perlu adanya model pembelajaran yang inovatif yaitu menggunakan model mind mapping yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta terciptanya suasana belajar yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model mind mapping dengan pembelajaran konvensional pada materi globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Ngampel 3 dan Gayam 2 Kota Kediri. Desain penelitian ini yaitu Quasy Eksperimental bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data berupa tes. Berdasarkan hasil tes selanjutnya ditentukan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan rubrik penilaian menurut Ma’rifah (2014). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model mind mapping yaitu 86,81, lebih tinggi dari pada yang diajar dengan pembelajaran konvensional yaitu 68,74. Hasil analisis dengan uji-t pada taraf sig. (2 tailed) sebesar 0,00 < 0,05, yang berarti ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model mind mapping dengan pembelajaran konvensional pada materi globalisasi siswa kelas IV SDN Ngampel 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. KATA KUNCI: mind mapping, berpikir kritis, globalisasi.

Keyword

Model Mind Mapping,Berpikir Kritis,Globalisasi

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade