PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN SISWA KELAS II SDN BANGSONGAN 2 KEDIRI


Author (Penulis)

ATIK NUR CAHYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0193

Abstract

ABSTRAK Atik Nur Cahyani: Pengaruh Model Problem Based Learning Didukung Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas II SDN Bangsongan 2 Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci : Problem Based Learning, tiga dimensi, memecahkan masalah, operasi hitung campuran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pada pembelajaran matematika yang didominasi oleh peran guru. Serta kegiatan pembelajaran yang selalu menggunakan metode ceramah dan guru hanya ,mengacu buku ajar yang tersedia tanpa menggunakan media dan model pembelajaran yang menarik siswa. Hal tersebut mengakibatkan siswa cenderung tidak memperhatikan pelajaran sehingga kurang memahami apa yang disampaikan oleh guru. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model dan media pembelajaran yang tepat yaitu model Problem Based Learning dan media tiga dimensi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan memecahkan masalah materi operasi hitung campuran apabila tidak menggunakan model Problem Based Learning dengan media tiga dimensi sebagai sarana bantu pembelajaran pada siswa kelas II. (2) Mengetahui kemampuan memecahkan masalah materi operasi hitung campuran apabila menggunakan model Problem Based Learning didukung media tiga dimensi sebagai sarana bantu pembelajaran pada siswa kelas II. (3) Mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan memecahkan msalah materi operasi hitung campuran siswa kelas 2. Penelitian menggunakan teknik penelitian control group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kela 2 SDN Bangsongan 2 Kediri yakni kelas 2A sebagai kelas kontrol dan kelas 2B sebagai kelas ekperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analasis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analasis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan siswa kelas II SDN Bangsongan 2 Kediri tanpa menggunakan model Problem Based Learning dengan media tiga dimensi nilai rata-rata pretest 56.48 dan nilai rata-rata posttest 68.07. (2) Kemampuan siswa kelas II SDN Bangsongan 2 Kediri menggunakan model Problem Based Learning didukung media tiga dimensi nilai rata-rata pretest 60.06 dan nilai rata-rata posttest 78.76. (3) diketahui thitung 3.763 > ttabel 1.671, hasil pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan memecahkan masalah materi operasi hitung campuran siswa kelas II SDN Bangsongan 2 Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI