PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN "BRAINSTORMING" TERHADAP KEMAMPUAN MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA SETEMPAT PADA SISWA KELAS IV SDN TAMBAKREJO KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

AINUN NA'IM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0191

Abstract

ABSTRAK AINUN NA’IM : Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Menghargai Keragaman Suku dan Budaya Setempat Siswa Kelas IV SDN Tambakrejo Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Kata kunci : metode pembelajaran Brainstorming, menghargai keragaman suku dan budaya setempat. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi menghragai keragaman suku dan budaya setempat siswa kelas IV, siswa SDN Tambakrejo mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru belum menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi kepada siswa. Siswa kesulitan untuk menguasai materi ajar sehingga kemampuan menguasai pelajaran belum tercapai secara maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam mengikuti pembelajaran, yakni dengan metode pembelajaran Brainstroming tujuan pembelajarannya tercapai. Berdasarkan latarbelakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 perumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah tingkat kemampuan siswa kelas IV SDN Tambakrejo dalam menghargai keragaman suku dan budaya setempat sebelum menggunakan metode pembelajaran Brainstorming? (2) Bagaimanakah tingkat kemampuan siswa kelas IV SDN Tambakrejo dalam menghargai keragaman suku dan budaya setempat setelah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming? (3) Adakah pengaruh penggunaan metode pembelajaran Brainstorming terhadap kemampuan siswa dalam menghargai keragaman suku dan budaya setempat siswa kelas IV SDN Tambakrejo? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest – Postes Group Kontrol tidak secara Random. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tambakrejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis. Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5 %. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) kemampuan menghargai keragaman suku dan budaya setempat dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming kelas IV SDN Tambakrejo Kabupaten Kediri 2016/2017 dikategorikan nilai di atas KKM dilihat dari perolehan rata-rata pretest 65,38 dan nilai rata-rata posttest 84.04. (2) kemampuan menghargai keragaman suku dan budaya setempat tanpa menggunakan metode pembelajaran Brainstorming siswa kelas IV SDN Tambakrejo Kabupaten Kediri 2016/2017 dikategorikan nilai di bawah KKM dilihat dari pretest 64,23 dan nilai rata-rata posttest 71,54 (3) Ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran Brainstorming terhadap kemampuan siswa dalam menghargai keragaman suku dan budaya setempat siswa kelas IV SDN Tambakrejo yang dibuktikan dengan hasil thitung (4.629) > ttabel (1.675)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI