PENGARUH METODE MONTESSORI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HEWAN DAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS II SDN SUMENGKO IV TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ENI YULIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0190

Abstract

ABSTRAK Eni Yulianti: Pengaruh Metode Montessori terhadap kemampuan mendeskripsikan tumbuhan dan hewan pada siswa kelas II SDN Sumengko IV Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran menentukan hasil kemampuan mendeskripsikan tumbuhan dan hewan pada siswa kelas II SDN Sumengko IV cenderung berorientasi pada guru. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan tumbuhan dan hewan sebelum menggunakan metode Montessori pada siswa kelas II SDN Sumengko IV Tahun Ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan tumbuhan dan hewan setelah menggunakan metode Montessori pada siswa kelas II SDN Sumengko IV Tahun Ajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh metode Montessori terhadap kemampuan mendeskripsikan tumbuhan dan hewan pada siswa kelas II SDN Sumengko IV Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan normalitas uji-satu arah. Sebelum dilakukan uji- t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Berdasarkan data nilai posttest dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan mendeskripsikan tumbuhan dan hewan tanpa menggunakan metode Montessori sudah tercapai dengan baik namun kurang maksimal, dengan nilai rata-rata 73,5 (2) Kemampuan mendeskripsikan tumbuhan dan hewan setelah menggunakan metode Montessori dapat tercapai lebih maksimal dengan nilai rata-rata 80,05 (3) Terdapat pengaruh penggunaan metode Montessori terhadap kemampuan mendeskripsikan tumbuhan dan hewan, hal ini dibuktikan oleh hasil uji-t yang diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,006 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan metode Montessori terhadap kemampuan mendeskripsikan tumbuhan atau hewan di sekitar pada siswa kelas II SDN Sumengko IV Tahun Ajaran 2016/2017. KATA KUNCI : Metode Montessori, mendeskripsikan tumbuhan/hewan, Metode Pembelajaran

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI