PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS V SDN TAMBAKREJO KAB. KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016


Author (Penulis)

BINTI PURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0187

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pem-belajaran matematika di SD masih berorientasi pada guru. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi nilai KKM dalam menghitung volume kubus dan balok. Permasalahan dalam penelitian ini (1) Bagaimana kemampuan siswa menghitung volume kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match tanpa Didukung Media Tiga Dimensi kelas V SDN Tambakrejo Kota Kediri? (2) Bagaimana kemampuan siswa menghitung volume kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match Didukung Media Tiga Dimensi kelas V SDN Tambakrejo Kota Kediri? (3)Adakah pengaruh Model model pembelajaran Make A Match didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan menghitung volume kubus dan balok siswa kelas V SDN Tambakrejo Kota Kediri tahun 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas V-A SDN Tambakrejo sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V-B SDN Tambakrejo sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan butir soal uraian. Teknik analiasis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Simpulan penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa kelas V SDN Tambakrejo dalam menghitung volume kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match tanpa didukung media tiga dimensi dikategorikan rendah. Hal ini dibuktikan dari data perolehan nilai rata-rata kelas dibawah KKM 75 dengan nilai rata rata 70,48. (2) Hasil belajar siswa kelas V SDN Tambakrejo dalam menghitung volume kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match didukung media tiga dimensi dikategorikan tinggi. Hal ini dibuktikan dari data perolehan nilai rata-rata kelas diatas KKM 75 yaitu 83,61. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Make A Match didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan menghitung volume kubus dan balok siswa kelas V SDN Tambakrejo Kota Kediri tahun 2016/2017. Hal ini dapat dibuktikan dengan t-hitung 4,370 t-tabel 2,015 taraf sig (5%) sehingga t-hitung > t-tabel dengan df 44 dan sign (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan dan rata rata kelas kontrol yaitu 70,48 lebih kecil daripada rata-rata kelas eksperimen 83,61. Kata Kunci: Make A Match, Media Tiga Dimensi, Kemampuan menghitung volume kubus dan balok

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI