PENGARUH METODE MONTESSORI DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG PADA SISWA KELAS II SDN BANGSONGAN 2 KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DIAH PRATIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0184

Abstract

ABSTRAK Diah Pratiwi : Pengaruh Metode Montessori Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Dongeng Pada Siswa Kelas II SDN Bangsongan 2 Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri. Kata Kunci : Metode Montessori, Media Audio Visual, Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Dongeng Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih didominasi oleh peran guru. Kegiatan pembelajaran sering menggunakan metode ceramah (konvensional) tanpa adanya penggunaan media pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan menceritakan kembali isi dongeng menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dibutuhkan metode dan media pembelajaran yang tepat digunakan, yaitu metode Montessori dan media Audio Visual. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah metode montessori didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali isi dongeng pada siswa kelas II SDN Bangsongan 2 Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Apakah metode konvensional didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali isi dongeng pada siswa kelas II SDN Bangsongan 2 Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan metode montessori didukung media audio visual dibanding dengan metode konvensional didukung media audio visual terhadap kemampuan menceritakan kembali isi dongeng pada siswa kelas II SDN Bangsongan 2 Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa Kelas II SDN Bangsongan 2 Kabupaten Kediri yakni kelas II-A (kelompok kontrol) dan kelas II-B (kelompok eksperimen). Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode montessori didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali isi dongeng dengan ketuntasan klasikal 86,5%. (2) Penggunaan metode konvensional didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali isi dongeng dengan ketuntasan klasikal 2,17%. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan metode montessori didukung media audio visual dibanding dengan metode konvensional didukung media audio visual terhadap kemampuan menceritakan kembali isi dongeng dengan keunggulan pada penggunaan metode montessori didukung media audio visual.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI