Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Lingkungan Setempat (Kabupaten/Kota, Provinsi) Kelas IV SDN Tanjungkalang 6 Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

QORINA NURMALA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0180

Abstract

ABSTRAK Qorina Nurmala Sari: Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Lingkungan Setempat (Kabupaten/Kota, Provinsi) Siswa Kelas IV, Sekolah Dasar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Mei 2017 Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Lingkungan Setempat (Kabupaten/Kota, Provinsi). Tujuan pengembangan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan multimedia interaktif yang layak pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di lingkungan setempat (Kabupaten/kota, Provinsi) kelas IV Sekolah Dasar, (2) Mendeskripsikan efektifitas multimedia interaktif pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di lingkungan setempat (Kabupaten/kota, Provinsi) kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dilakukan melalui 5 tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Data mengenai kebutuhan media dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil uji validasi media, materi, dan pengguna dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase. Hasil pengembangan ini menghasilkan produk berupa multimedia interaktif.Validasi produk menunjukkan bahwa penilaian ahli media yaitu sebesar 95 termasuk kedalam kriteria sangat valid. Validasi ahli materi yaitu sebesar 86 termasuk kedalam kriteria valid, dan dari validasi pengguna yaitu sebesar 97,5 termasuk kedalam kriteria sangat valid , sangat efektif. Dari hasil validasi dilakukan perhitungan validasi gabungan dengan hasil 92,8 menunjukkan kriteria sangat valid, sangat efektif, dan dapat digunakan tanpa revisi. Produk yang sudah divalidasi kemudian diuji cobakan pada siswa kelas IV SDN Tanjungkalang 6. Uji coba dilakukan oleh 10 siswa, dari hasil uji coba diperoleh hasil 98,25 yang menunjukkan kriteria media sangat efektif digunakan. Selain itu dalam pembelajaran guru dan siswa terlihat antusias dengan dikembangkannya media pembelajaran berupa multimedia interaktif.Namun penelitian ini perlu adanya penyempurnaan dan pengembangan lagi agar dapat menghasilkan produk baru yang lebih menarik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI