PENGARUH MODEL IMPROVE DIDUKUNG MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN BURENGAN KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI TAHUN AJAR 2016/2017


Author (Penulis)

YESSY RATNA WIDYAMURTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0178

Abstract

ABSTRAK YESSY RATNA WIDYAMURTI. Pengaruh model improve didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri tahun ajar 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP, UNP KEDIRI, 2017. Kata Kunci: improve, media video, kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD sebagian besar masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan kemampuan siswa mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan masih rendah. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat yaitu dengan mneggunakan model improve. Berdasarkan latar belakang tersebut, diajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Apakah Model Improve didukung Media Video berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan siswa kelas 4 SDN Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri tahun ajar 2016/2017? (2) Apakah Model Improve tanpa didukung Media Video berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan siswa kelas 4 SDN Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri tahun ajar 2016/2017? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan model improve didukung media video dibanding model Improve tanpa didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan siswa kelas 4 SDN Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri tahun ajar 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian True Eksperimental Desaign dengan pretest-posttest control group design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Burengan Kec. Pesantren Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model improve didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan, thitung (38,661)>ttabel 1% (2,728) serta ketuntasan klasikal mencapai 80,55%. (2) Penggunaan model improve tanpa didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan, thitung (33,733)>ttabel 1% (2,724) serta ketuntasan klasikal sebesar 73,59%. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model improve didukung media video dibanding dengan model improve tanpa didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan, dengan hasil perhitungan thitung (2,076) ttabel 5% (1,995) dengan keunggulan pada penggunaan model improve didukung media video dengan mean kelompok eksperimen 80,71> mean kelompok kontrol 75,75.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI