PENGARUH METODE DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUBGAN ANTARA GAYA, GERAK DAN ENERGI MELALUI PERCOBAAN (GAYA GRAVITASI, GAYA GERAK, GAYA MAGNET) KELAS 5 SDN 1 KARANGANOM KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

LINDA HERAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0176

Abstract

ABSTRAK Linda Herawati: Pengaruh Metode Discovery Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Antara Gaya, Gerak Dan Energi Melalui Percobaan (Gaya Gravitasi, Gaya Gerak,Gaya Magnet) Kelas V SDN Karanganom Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran IPA di SDN Karanganom, siswa masih memiliki pemahaman konsep yang rendah dan jauh dari harapan. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai ulangan harian yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan oleh guru. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran yang monoton selain itu siswa akan merasa bosan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran tanpa menggunakan metode discovery terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gerak, gaya magnet) kelas V SDN Karanganom Kabupaten Trenggalek (2) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dengan menggunakan metode discovery terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan ( gaya gravitasi, gaya gerak, gaya magnet) kelas V SDN Karanganom Kabupaten Trenggalek (3) Untuk mengetahui bagaimana perbedaan pengaruh pembelajaran tanpa menggunakan metode discovery dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan metode discovery terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan ( gaya gravitasi, gaya gerak, gaya magnet) kelas 5 SDN Karanganom Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas V-A berjumlah 28 siswa dan kelas V-B 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa RPP dan teknik pengumpulan data berupa tes, yaitu pre-tes dan post-test. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kemampuan mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan ( gaya gravitasi, gaya gerak, gaya magnet) Trenggalek tanpa menggunakan metode discovery kelas 5 SDN Karanganom Kabupaten dengan ketuntasan klasikal 62% masih dibawah KKM < 75% (2) kemampuan mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan ( gaya gravitasi, gaya gerak, gaya magnet) dengan menggunakan metode discovery kelas V SDN Karanganom Kabupaten Trenggalek dengan ketuntasan klasikal 84% sudah meningkat KKM >75% (3) Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan membandingkan nilai mean kedua kelompok, dapat ditarik kesimpulan bahwaAda perbedaan pengaruh pembelajaran tanpa menggunakan metode discovery dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan metode discovery pada siswa kelas V SDN Karanganom kecamatan Durenan kabupaten Trenggalek. Kata kunci: Metode Discovery, kemampuan mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI