PENGARUH MODEL QUICK ON THE DRAW DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS V SDN BURENGAN 2 KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

LISTYA YUDINING TYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0174

Abstract

Listya Yudining Tyas: PengaruhModel Quick On The Draw Didukung Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V SDN Burengan 2, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi wawancara secara langsung terhadap guru kelas V SDN Burengan 2 yang belum menggunakan model dan media pembelajaran yang bervariasi dalam mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya tentang kompetensi dasar mengidentifikai unsur-unsur cerita rakyat dalam pengajarannyapun masih menggunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa secara pasif dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dan tanpa didukung dengan media, akibatnya kurang menarik perhatian siswa dan menjadikan siswa semakin jenuh, sehingga tujuan pembelajaran tidak akan tercapai secara maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah(1) Adakah pengaruh model konvensional terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Burengan 2?; (2) Adakah pengaruh model Quick On The Draw didukung media audiovisual terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Burengan 2?; (3) Adakah perbedaan pengaruh model konvensional dan model Quick On The Draw didukung media audiovisual terhadap kemampuan menidentifikasi unsur-unsur cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Burengan 2?. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Eksperimental dengan design True Eksperimental dalam bentuk Pretest – Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan program SPSS Versi 18. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi, RPP, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan uji-t dan menggunakan program SPSS Versi 18. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, nilai t-hitung 55,9 > t-tabel 2,003 (5%) dan nilai rata-rata kelas kontrol = 72,50 dan nilai rata-rata kelas eksprimen = 77,33. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Burengan 2 dengan t-hitung -8,139 > t-tabel 2,051 (5%); (2) ada pengaruh model pembelajaran Quick On The Draw didukung media audiovisual terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Burengan 2 dengan t-hitung -5,437 > t-tabel 2,045 (5%); (3) ada perbedaan pengaruh penggunaan model konvensional dan model Quick On The Draw didukung media audiovisual dengan t-hitung 55,9 > t- tabel 2,003 (5%). Kata kunci: Model Quick On The Draw, Media Audiovisual,Unsur-Unsur Cerita Rakyat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI