Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) didukung Media Tree Charts terhadap Kemampuan Mengenal Aktivitas Ekonomi yang Berkaitan dengan Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Gayam 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

DWI RETNO SUBEKTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0169

Abstract

ABSTRAK Dwi Retno Subekti:Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Didukung Media Tree Charts Terhadap Kemampuan Mengenal Aktivitas Ekonomi yang Berkaitan dengan Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Gayam 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh aktivitas guru. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, serta guru kurang mengembangkan media pembelajaran. Sehingga siswa cenderung pasif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran.Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan didukung media tree charts. (2) Mengetahui kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) tanpa didukung media tree charts. (3) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation(GI) didukung media tree charts terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam. Penelitian ini menggunakan teknik True Eksperimental Design dengan Post-test Only Control Group Design.Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Gayam 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.Penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil belajar siswa.Teknik pengumpulan data berupa tes analisis data, yang digunakan adalah rumus uji t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan didukung media tree charts baik, dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa mencapai 82,50. (2) kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) tanpa didukung media tree charts cukup baik, dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa mencapai 73,47. (3) Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005, maka signifikan. Artinya, ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation(GI) didukung media tree charts terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam. KATA KUNCI :kooperatif, Group Investigation (GI), media Tree Charts, kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI