PENGARUH METODE RESITASI (PENUGASAN) DENGAN DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA BUNGA DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL HUDA KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ENGGRIC FERANICA KUMALA DEFRY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0168

Abstract

ABSTRAK Enggric Feranica K. D.: Pengaruh Metode Resitasi (Penugasan) Dengan Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Bunga Dengan Fungsinya Pada Siswa Kelas IV SD Islam Al Huda Kota Kediri Tahun 2017/2018. Kata kunci : metode resitasi (penugasan), media gambar, kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa siswa kelas IV SD Islam Al Huda Kota Kediri pada materi menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan kurangnya ketertarikan siswa saat siswa mengikuti pembelajaran, serta kurangnya buku ajar sehingga siswa cenderung ramai sendiri. Akibatnya siswa kesulitan untuk menguasai materi ajar sehingga kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya belum tercapai secara maksimal. Salah satu upaya untuk menguasai masalah tersebut dibutuhkan metode dan media yang tepat. Berdasarkan permasalahan di atas dipilihlah metode resitasi (penugasan) dan media gambar agar tujuan pembelajaranbisa tercapai. Penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah meliputi : 1) Bagaimana kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya dengan menggunakan metode resitasi (penugasan) didukung media gambarpada siswa kelas IV SD Islam Al Huda?, 2) Bagaimana kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya dengan menggunakan metode resitasi (penugasan) pada siswa kelas IV SD Islam Al Huda? 3)Adakah pengaruh metode resitasi (penugasan) dengan didukung media gambar terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Islam Al Huda? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Tru – Eksperimental. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IVA (kelompok ekeperimen) dan IVB (kelompok kontrol) SD Islam Al Huda Kota Kediri. Jenis penilaian berupa tes dan bentuk instrumennya berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t. Simpulan hasil penelitian ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya dengan menggunakan metode resitasi (penugasan) didukung media gambarpada siswa kelas IV SDI Al Huda yaitu 89,85 dan nilai rata-rata kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya dengan menggunakan metode resitasi (penugasan) pada siswa kelas IV SDI Al Huda yaitu 71,06. Oleh karena itu metode resitasi (penugasan) didukung media gambar sangat berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya.Hal ini dapat diketahui bahwa thitung yaitu 16,69 dan ttabel dengan Db sebesar 66 yaitu 1,66 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak pada taraf signifikansi 5% dan hipotesis kerja (Ha) diterima atau terbukti benar. Dengan demikian, dapat diketahui ada pengaruh metode resitasi (penugasan) dengan didukung media gambar terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDI Al Huda tahun ajaran 2017/2018.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI