PENGARUH METODE OUTING CLASS TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT KELAS IV DI SDN JEPUN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

SONIA EKA NOVITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0167

Abstract

ABSTRAK Sonia Eka Novitasari : Pengaruh Metode Outing Class Terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Sumber Daya Alam dengan Lingkungan Kelas IV SDN Jepun 1 Tulungagung: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Pembimbing: (I) Alfi Laila, S.Pd.I.,M.Pd. (II) Erif Ahdhianto, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran menentukan hasil kemampuan menjelaskan Hubungan Sumber Daya Alam dengan Lingkungan cenderung berorientasi pada guru. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Permasalahan dalam penelitian ini (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan sebelum menggunakan metode Outing Class kelas IV di SDN Jepun 1 Tulungagung ? (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan sesudah menggunakan metode Outing Class kelas IV di SDN Jepun 1 Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh menggunakan metode Outing Class terhadap kemampuan menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan kelas IV di SDN Jepun 1 Tulungagung ? Berdasarkan Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil posttest dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan sebelum menggunakan metode Outing Class sudah tercapai dengan baik namun kurang maksimal, dengan nilai rata-rata 76,80 (2) Kemampuan menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan setelah menggunakan metode Outing Class dapat tercapai lebih maksimal, dengan nilai rata-rata 80,12 (3) Terdapat pengaruh penggunaan metode Outing Class terhadap menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, hal ini dibuktikan oleh hasil uji t yang diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,025 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan metode Outing Class terhadap menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jepun 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. KATA KUNCI : Metode Outing Class, Hubungan Sumber Daya Alam dengan Lingkungan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI