PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK DAN BENTUK SUATU BENDA SDN SUKORAME KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

MEDA YUSIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0164

Abstract

MedaYusika: Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gaya Dapat Mengubah Gerak Dan Bentuk Suatu Benda Siswa Kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan diketahui bahwa pembelajaran IPA di SDN Sukorame siswa kurang aktif, sehingga diperlukan adanya Lembar Kerja Siswa yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta terciptany asuasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Inkuiri dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall (1983), dengan subyek siswa kelas IV SDN Sukorame 1 dan SDN Sukorame 3 Kota Kediri. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 5 siswa dari SDN Sukorame 1 dan uji coba luas dilakukan terhadap 38 siswa dari SDN Sukorame 3. Data dikumpulkan berdasarkan hasil validasi Lembar Kerja Siswa oleh Farida Nurlaila Zunaidah dan Irwan Setyowidodo selaku dosen ahli, Evia Rahmawati dan Abdulah selaku guru kelas dan siswa kelas IV SDN Sukorame 1 dan 3. Sedangkan kemampuan berpikir kritis diukur dengan menggunakan rubric penilaian berpikir kritis menurut Ramdani (2012). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus N-gain. Hasil penelitian menunjukkan Lembar Kerja Siswa dikatakan layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dan desain, guru dan siswa mendapat perolehan rata-rata 3,45 yang merupakan kategori valid. Hasil belajar sebelum diberikan Lembar Kerja Siswa berbasis Inkuiri yaitu 60,18 sedangkan hasil belajar setelah diberikan Lembar Kerja Siswa berbasis Inkuiri yaitu 82,64. Setelah diketahui dari analisis data dan dilakukan perhitungan N-gain ternormalisasi didapatkan hasil sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa. Peningkatan nilai sebelum dan sesudah menggunakan Lembar Kerja Siswa menunjukan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis Inkuiri efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV pada materi gaya dapat mengubah gerak dan bentuk benda.

Keyword

LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK DAN BENTUK SUATU BENDA

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade