Pengaruh Model Two Stay Two Stray, Media Pop Art dan Metode Quiz terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Kenampakan Alam di Lingkungan Kabupaten/Kota dan Provinsi serta Hubungannya dengan Keragaman Sosial dan Budaya pada Siswa Kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri


Author (Penulis)

EVISKA ISTIGHFARINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0163

Abstract

Abstrak Istighfarina, Eviska: Pengaruh Model Two Stay Two Stray, Media Pop Art Dan Metode Quiz Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Kenampakan Alam Di Lingkungan Kabupaten / Kota Dan Provinsi Serta Hubungannya Dengan Keragaman Sosial Dan Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI, 2013. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan pembelajaran IPS di SD sangat tidak kondusif.Hal tersebut nampak dari keaktifan belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mendiskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten /kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman social dan budaya pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 dengan menggunakan model Two Stay Two Stray, tanpa media Pop Art dan teknikQuiz. (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mendiskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten /kota dan provinsi erta hubungannya dengan keragaman social dan budaya pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 dengan menggunakan model Two Stay Two Stray, dengan media Pop Art dan teknik Quiz (3) Untuk mengetahui pengaruh model Two Stay Two Stray, media Pop Art dan teknik Quiz terhadap kemampuan mendiskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten /kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman social dan budaya pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian model True Experimental Design ( Pretest- Postest Control Group Design). Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kediri. Analisis data yang digunakan adalahrumus t. Hasiluji t pada hipotesis 3diperoleh nilai Sig (2- tailed) sebesar 0,001. Berdasarkan hasil penelitian dari kelompok kontrol dengan menggunakan model Two Stay Two Stray, tanpa media Pop Art dan teknik Quiz diketahui nilai rata-rata sebesar 70,90. Sedangkan dari kelompok eksperimen dengan menggunakan Two Stay Two Stray,dengan media Pop Art dan teknik Quiz diketahui nilai rata-rata sebesar 81,52. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan Model Two Stay Two Stray, media Pop Art dan teknik Quiz terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman social budaya pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI