PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DIDUKUNG MEDIA FLIP CHART TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA KELAS III SDN 3 NOTOREJO T.A 2017/2018


Author (Penulis)

SATRIO BUDI RAHARJO S
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0162

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi wawancara secara langsung terhadap guru kelas III SDN Notorejo 3 yang belum menggunakan model dan media pembelajaran yang bervariasi dalam mengajar mata pelajaran IPA khususnya tentang kompetensi dasar mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar dalam pengajarannya masih menggunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan ke siswa secara pasif dengan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal. Permasalahan dalam penelitian ini (1) adakah pengaruh model Quantum Teaching didukung media Flip Chart terhadap kemampuan siswa mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar (2) adakah pengaruh model Quantum Teaching tanpa didukung media Flip Chart terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi dilingkungan sekitar (3) adakah pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Quantum Teaching didukung media Flip Chart dengan penggunaan model Quantum Teaching tanpa media Flip Chart terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkugan sekitar. Berdasarkan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil posttest dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh model Quantum Teaching didukung media Flip Chart terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar (2) Ada pengaruh model Quantum Teaching tanpa didukung media Flip Chart terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar (3) hasil kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar menggunakan model Quantum Teaching didukung media Flip Chart dengan tanpa media Flip Chart terbukti dengan t-hitung 3,916t-tabel 2,024 taraf sig (5%) sehingga t-hitung > t-tabel dengan df 38 dan sign (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan dan

Keyword

a

Reference

Rayandra 2012. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media
Shoimin, Aris 2014. 68 Model Pembelajaran Inovative dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfa Beta
Suharsimi, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:Pustaka Belajar.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), tersedia : http://www.inherent- dikti.net/files/sisdiknas.pdf. diunduh 9 November 2017 pukul 20.05.


PUBLISHED

2018-07-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI