PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIDUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN 1 KARANGANOM KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YUNITA WAHYU HARTANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0160

Abstract

ABSTRAK Yunita Wahyu Hartanti : Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Didukung Media Benda Nyata Terhadap Kemampuan Menjelaskan Pesawat Sederhana Pada Siswa Kelas V SDN 1 Karanganom Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek, Tahun Pelajaran 2016/2017, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci : Model Student Facilitator and Explaining, Media benda nyata, Menjelaskan Pesawat Sederhana, hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari pesawat sederhana karena guru belum menggunakan model pembelajaran maupun media pembelajaran yang menarik. Guru hanya mengandalkan buku pegangan dan hal inilah yang membuat minat dan motivasi belajar siswa menjadi berkurang, padahal pembelajaran IPA akan lebih menarik jika dilakukan dengan cara student facilitator and explaining dan didukung media benda nyata. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pada penerapan model student facilitator and explaining tanpa didukung media benda nyata terhadap kemampuan menjelaskan pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Karanganom Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Adakah pengaruh pada penerapan model student facilitator and explaining didukung media benda nyata terhadap kemampuan menjelaskan pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Karanganom Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Adakah perbedaan pengaruh pada penerapan model student facilitator and explaining didukung media benda nyata dengan penerapan model student facilitator and explaining tanpa didukung media benda nyata terhadap penguasaan materi menjelaskan pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Karanganom Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas V-A SDN 1 Karanganom (kelompok kontrol) dan kelas V-B SDN 1 Karanganom (kelompok eksperimen). Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan model student facilitator and explaining tanpa didukung media benda nyata kurang berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan pesawat sederhana, terbukti dari thitung 7.222 > ttabel 1.714 (5%) dengan ketuntasan klasikal < 38.13%. (2) Penerapan model student facilitator and explaining didukung media benda nyata kurang berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan pesawat sederhana, terbukti dari th = 11.440 > tt= 1.711 (5%) dengan ketuntasan klasikal 88.80%. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model student facilitator and explaining tanpa didukung media benda nyata dibanding penerapan model student facilitator and explaining didukung media benda nyata terhadap kemampuan menjelaskan pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Karanganom Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dengan keunggulan pada penerapan model student facilitator and explaining didukung media benda nyata, terbukti dari th = 6.225 > tt= 1.677 (5%) dan hasil perhitungan rata-rata kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yaitu 88.80 > 70.75

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI