Perbedaan Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Struktur Daun Tumbuhan dengan Fungsinya Melalui Penggunaan Model Snowball Throwing dan Problem Based Instruction (PBI) Siswa Kelas IV Semester I SDN Ngadirejo Kota Kediri Tahun 2016/2017
Author (Penulis)
UKE PUSPANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0157
Abstract
ABSTRAK
Uke Puspaningrum : Perbedaan Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Struktur Daun Tumbuhan dengan Fungsinya Melalui Penggunaan Model Snowball Throwing dan Problem Based Instruction (PBI) Siswa Kelas IV Semester I SDN Ngadirejo Kota Kediri Tahun 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya dengan menggunakan model Snowball Throwing (2) Mengetahui kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya dengan menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) (3) Mengetahui perbedaan kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya melalui penggunaan model Snowball Throwing dan Problem Based Instruction (PBI). Berdasarkan Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif one sample test dan independen. Berdasarkan hasil post-test dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil model Problem Based Instruction berpengaruh terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan antara Struktur Daun Tumbuhan dengan Fungsinya. Dengan t hitung 8,005 > t tabel 5% (2,093) dan sig2 tailed 0,000<0,005 dengan nilai rata rata 86,75. (2) Hasil model Snowball Throwing berpengaruh terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan antara Struktur Daun Tumbuhan dengan Fungsinya. Dengan t hitung 3,966 > t tabel 5% (2,093) dan sig2 tailed 0,001<0,005 dengan nilai rata rata 76,25. (3) Hasil Kemampuan Menjelaskan Hubungan antara Struktur Daun Tumbuhan dengan Fungsinya menggunakan Model Problem Based Instruction (PBI) dengan Snowball Throwing ada perbedaan pengaruh terbukti dengan t-hitung 4,008 > t-tabel df 38 pada taraf 5% yaitu 2,024 dan sign (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan dan rata rata kelas eksperimen 1 yaitu 76,25 lebih kecil dari pada rata-rata kelas eksperimen 2 yaitu 85,75.
Kata kunci: Model Snowball Throwing dan Problem Based Instruction, Kemampuan Menjelaskan Hubungan antara Struktur Daun Tumbuhan dengan Fungsinya