PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS TANAH PADA SISWA KELAS V SDN SUKORAME KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

AFRILIANA NOVITA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0156

Abstract

ABSTRAK AFRILIANA NOVITA PUTRI. Pengaruh model Group Investigation didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajar 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP, UNP KEDIRI, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD sebagian besar masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan kemampuan siswa mengidentifikasi jenis-jenis tanah masih rendah. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunakan model Group Investigation. Berdasarkan latar belakang tersebut, diajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Apakah Model Group Investigation didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri? (2) Apakah Model Group Investigation tanpa didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan siswa mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara Model Group Investigation didukung media konkret dibanding Model Group Investigation tanpa didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 1 dan SDN Sukorame 3 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian True Eksperimental Desaign dengan pre-test-post-test control group design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji-t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model Group Investigation didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jeni-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, hal ini terbukti t-hitung (11,172)> t-tabel 1% (2,750) serta ketuntasan klasikal mencapai 88,95%. (2) Model Group Investigation tanpa didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jeni-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, hal ini terbukti t-hitung (7,706)> t-tabel 1% (2,704) serta ketuntasan klasikal mencapai 68,95%. (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model Group Investigation didukung media konkret dibanding model Group Investigation tanpa didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 1 dibanding SDN Sukorame 3 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, hal ini terlihat dari t-hitung (3,919)> t-tabel 1% (2,660) dengan keunggulan pada penggunaan model Group Investigation didukung media konkret dengan mean kelompok eksperimen 85,79> mean kelompok kontrol 78,51. Kata Kunci: Group Investigation, media konkret, kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI