PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS TANAH PADA SISWA KELAS V SDN SUKORAME KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
AFRILIANA NOVITA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0156
Abstract
ABSTRAK
AFRILIANA NOVITA PUTRI. Pengaruh model Group Investigation didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajar 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP, UNP KEDIRI, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD sebagian besar masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan kemampuan siswa mengidentifikasi jenis-jenis tanah masih rendah. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunakan model Group Investigation.
Berdasarkan latar belakang tersebut, diajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Apakah Model Group Investigation didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri? (2) Apakah Model Group Investigation tanpa didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan siswa mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara Model Group Investigation didukung media konkret dibanding Model Group Investigation tanpa didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 1 dan SDN Sukorame 3 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian True Eksperimental Desaign dengan pre-test-post-test control group design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji-t.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model Group Investigation didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jeni-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, hal ini terbukti t-hitung (11,172)> t-tabel 1% (2,750) serta ketuntasan klasikal mencapai 88,95%. (2) Model Group Investigation tanpa didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jeni-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, hal ini terbukti t-hitung (7,706)> t-tabel 1% (2,704) serta ketuntasan klasikal mencapai 68,95%. (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model Group Investigation didukung media konkret dibanding model Group Investigation tanpa didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 1 dibanding SDN Sukorame 3 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, hal ini terlihat dari t-hitung (3,919)> t-tabel 1% (2,660) dengan keunggulan pada penggunaan model Group Investigation didukung media konkret dengan mean kelompok eksperimen 85,79> mean kelompok kontrol 78,51.
Kata Kunci: Group Investigation, media konkret, kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah