Pengembangan Media Monopoli untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Perhitungan Termasuk yang Berkaitan dengan Uang pada Siswa Kelas III SDN Ketami II Tahun 2017


Author (Penulis)

WIDHIA PANGESTIKA ST
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0155

Abstract

ABSTRAK Widhia Pangestika ST: Pengembangan Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Perhitungan Termasuk yang Berkaitan dengan Uang pada Siswa Kelas III SDN Ketami 2 Kecamatan Pesantren Kota Kediri, skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh informasi bahwa nilai rata-rata siswa pada materi memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang masih di bawah KKM (70). Salah satu penyebabnya adalah guru tidak menggunakan media untuk mengajarkan materi tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya media yang dikembangkan sesuai dengan materi.Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar ceklist dengan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Model pengembangan untuk mengembangkan media monopoli mengacu pada model pengembangan dengan pendekatan ADDIE yang mencakup 5 tahap yaitu analysis (analisis), desain (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu media pemainan monopoli dinyatakan valid setelah direvisi oleh ahli materi dan ahli media dengan skor perolehan 75% yang tergolong dalam kriteria B dengan kategori Baik. Keefektifan media dalam meningkatkan kmampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang dengan menggunakan pengembangan permainan monopoli pada siswa kelas III SDN Ketami 2 Kota Kediri. Hal ini terbukti dari hasil nilai 29 orang siswa diperoleh nilai rata-rata post-test siswa (80) lebih besar dari rata-rata nilai pre-test siswa (61). Skor akhir dari respon siswa terhadap media pada uji terbatas adalah 84% dengan kategori “Sangat Baik”, sedangkan pada uji perluasan respon siswa diperoleh skor akhir 77% dengan kategori “Sangat Baik”. Skor akhir angket respon guru adalah 90% dengan kategori “Sangat Baik”. Maka kepraktisan media permainan monopoli secara keseluruhan mendapatkan respon sangat baik dari siswa maupun guru, hal ini berarti tidak diperlukan revisi pada media. KATA KUNCI: Media pemainan, monopoli, kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan uang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI