PENGARUH METODE GUIDED NOTE TAKING DIDUKUNG MEDIA GRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA DALAM SUSUNAN PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT PADA SISWA KELAS IV SDN GAYAM KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ANIS FATHIMATUS ZAHRO'
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0152

Abstract

Abstrak Anis Fathimatus Zahro’: Pengaruh Metode Guided Note Taking Didukung Media Grafis terhadap Kemampuan Mengenal Lembaga-lembaga Negara Dalam Susunan Pemerintahan Tingkat Pusat pada Siswa Kelas IV SDN Gayam Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: metode guided note taking, media grafis, materi pemerintahan tingkat pusat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan di SDN Gayam Kediri bahwa pembelajaran PKn masih berlangsung satu arah dan didominasi oleh guru. Dalam pembelajaran guru belum menggunakan strategi /metode yang bervariatif dan sering menggunakan metode ceramah saja. Akibatnya, siswa menjadi pasif dan proses pembelajaran membosankan. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal lembaga-lembaga negara dalam pemerintahan tingkat pusat tanpa menngunakan metode guided note taking dan tanpa media grafis pada siswa kelas IV SDN Gayam Kediri tahun ajaran 2016/2017 (2) untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal lembaga-lembaga negara dalam pemerintahan tingkat pusat dengan menngunakan metode guided note taking didukung media grafis pada siswa kelas IV SDN Gayam Kediri tahun ajaran 2016/2017 (3) mendeskripsikan pengaruh metode guided note taking didukung media grafis terhadap kemampuan mengenal lembaga-lembaga negara dalam pemerintahan pusat pada siswa kelas IV SDN Gayam Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gayam 1 sebagai kelas eksperimen dan SDN Gayam 2 sebagai kelas kontrol dengan sampel sebanyak 70 siswa. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat perangkat pembelajaran (RPP, silabus) dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji-t dengan menggunakan program SPSS 18 for windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, nilai Sig. 0,013 dan dari tes hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol = 74,43, nilai rata-rata kelas eksperimen = 80,43. Berdasarkan rumusan masalah dan hasil dari pengujian hipotesis yang telah dianalisis tersebut dapat disimpulkan bahwa : ada pengaruh menggunakan metode guided note taking didukung media grafis terhadap kemampuan mengenal lembag-lembaga negara dalam pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN Gayam Kediri tahun ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan hasil uji-t independent sample t-test dengan nilai Sig. 0,013.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI