PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE, MEDIA 3D DAN TEKNIK QUIZ TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI WUJUD BENDA PADAT, CAIR DAN GAS MEMILIKI SIFAT TERTENTU PADA SISWA KELAS IV SDN BRINGIN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

CHENDY FILANDITA CICI LIASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0150

Abstract

ABSTRAK CHENDY FILANDITA CICI LIASARI. Pengaruh Model Think Pair Share, Media 3D Dan Teknik Quiz Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Wujud Benda Padat, Cair Dan Gas Memiliki Sifat Tertentu Pada Siswa Kelas IV SDN Bringin Kabupaten Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNPGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model, media dan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model Think Pair Share, media 3D dan teknik Quiz. Berdasarkan latar belakang tersebut, diajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Apakah penggunaan model Think Pair Share, Media 3 Dimensi dan Teknik Quiz berpengaruh terhadap ke-mampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu pada siswa kelas IV SDN Bringin Kabupaten Kediri? (2) Apakah penggunaan model Konvensional, Media 3 Dimensi dan Teknik Quiz berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu pada siswa kelas IV SDN Bringin Kabupaten Kediri? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan model Think Pair Share, Media 3 Dimensi dan Teknik Quiz dibanding penggunaan model Konvensional, Media 3 Dimensi dan Teknik Quiz terhadap kemampuan meng-identifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu pada siswa kelas IV SDN Bringin Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian model True Experimental Design (Pretest-Postest Control Group Design).Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Bringin Kabupaten Kediri. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model Think Pair Share, media 3 dimensi dan teknik quiz berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu pada siswa kelas IV SDN Bringin Kabupaten Kediri, hal ini t-hitung (5,794)>t-tabel 1% (2,763) serta ketuntasan klasikal mencapai 76,72%. (2) Model konvensional, media 3 dimensi dan teknik quiz berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu pada siswa kelas IV SDN Bringin Kabupaten Kediri, hal ini terbukti t-hitung (3,226) > t-tabel 1% (2,763) serta ketuntasan klasikal mencapai 41,03%. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model Think Pair Share, media 3 dimensi dan teknik quiz dibanding model konvensional, media 3 dimensi dan teknik quiz terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu pada siswa kelas IV SDN Bringin Kabupaten Kediri, hal ini terlihat t-hitung (3,451)>t-tabel 1% (2,666) dengan keunggulan pada penggunaan model Think Pair Share, media 3 dimensi dan teknik quiz dengan mean kelompok eksperimen 81,52 > mean kelompok kontrol 70,90. Kata kunci: think pair share, media 3D, teknik quiz

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI